ANALISIS STATISTIK VARIABEL INTERNAL PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DI INDONESIA YANG BERPENGARUH PADA PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/infomatek.v20i2.1207Keywords:
Cakupan pelayanan, variabel internal, PDAMAbstract
: Tingkat cakupan pelayanan air minum perpipaan di Indonesia yang dilakukan oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) pada tahun 2016 secara rata-rata masih pada kisaran 40%. Angka ini masih jauh dibawah target pelayanan air minum perpipaan sebesar 60% di tahun 2019. Diperlukan upaya intensif untuk dapat mencapai target tersebut. Berdasarkan analisis statistik apabila PDAM ingin meningkatkan cakupan pelayanan, maka perlu dilakukan perbaikan pada variabel-variabel internal PDAM, yaitu; rasio operasi, efisiensi produksi, kualitas air minum, tingkat kehilangan air, konsumsi air pelanggan dan rasio pegawai/1000 pelanggan. Upaya perbaikan akan mendapatkan hasil yang berarti jika dilakukan secara simultan karena apabila perbaikan secara parsial hasil yang didapatkan tidak terlalu berarti.Downloads
References
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2015. Profil Kesehatan Indonesia.
BPPSPAM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Laporan Audit Kinerja PDAM 2015-2017.
Sugiyono, 2017. Statistika untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta.
Susetyo, B. 2012. Statistika untuk Analisis Data Penelitian, Penerbit Reflika Aditama.
Hariadi, P., Ramadhanti, W. 2008. Kualitas Pelayanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, No. 1.
Sudirman. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan PDAM Kota Makassar. Jurnal Spread, Volume 2 No. 1, hal. 85-98.