Usulan Penjadwalan Proyek Pembuatan Dinding Penahan Tanah (DPT) dengan Menggunakan Precedence Diagram Method (PDM) (Studi Kasus: Tower 4 SUTT 150 KV di PT. Bisetta)

Authors

  • Bram Andryanto Unversitas Pasundan
  • Rizka Fauziah Ismah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i1.11842

Keywords:

Manajemen Proyek Kontruksi, Precendence Diagram Methode (PDM), Microsoft Project, Resource Levelling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun usulan penjadwalan proyek pembuatan Dinding Penahan Tanah (DPT). Metode yang digunakan yaitu Precedence Diagram Method (PDM), dikarenakan pelaksanaan proyek yang overlapping (tumpang tindih). Permasalahan yang mulai dalam proses penjadwalan ini salah satunya adalah keterbatasan jumlah sumber daya, karena adanya pekerjaan yang dilakukan bersamaan dan membutuhkan sumber daya yang sama. Cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan resource levelling. Levelling dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas leveling option pada MS. Project dengan menggunakan 3 solusi yaitu tanpa splits, mengatur tugas individu dan dengan splits. Pada penjadwalan awal proyek dapat diselesaikan dalam waktu 93 hari, akan tetapi dengan keterbatasan tenaga kerja pada proyek penjadwalan ini dianggap tidak logis. Dari 3 solusi levelling yang dilakukan, untuk option pertama masih terdapat beberapa pekerjaan overallocation sumber daya, untuk option kedua diperoleh waktu penyelesaian 123 hari, dan option ketiga diperoleh waktu penyelesaian 114,5 hari dengan penjadwalan awal proyek yaitu selama 180 hari. Maka dapat dipilih solusi yang paling baik yaitu levelling dengan option ketiga dengan waktu penyelesaian selama 114,5 hari dengan total biaya proyek sama dengan total biaya proyek awal (tidak terdapat perubahan biaya) sebesar Rp.737.708.537.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husein, A. (2010). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusrianto, A. (2008). Panduan Lengkap Memakai Microsoft Office Project 2007. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nurjaman, H. D. (2016). Manajemen Proyek. Pustaka Setia.

Mandey, J.C.N. (2013). Perataan Tenaga Kerja menggunakan Microsoft Project Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan. Jurnal Sipil Statik, 1(10):671-677.

Pranata, A. B. (2007). Teknik Mengelola Tugas Penjualan dengan Microsoft Office Project Professional 2003. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Soeharto, I. (1997). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-06-25