Game Pembelajaran Tajwidmu Berbasis Android Menggunakan Metode Agile

Authors

  • Nani Purwati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dicky Fajar Subkhi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sri Kiswati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Noor Hasan Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.23969/infomatek.v26i1.10509

Keywords:

Agile development, Android, game pembelajaran, tajwidmu

Abstract

Game pembelajaran berbasis android berfungsi sebagai media tambahan untuk belajar karena tidak sedikit dari kaum muslimin di indonesia yang masih kesusahan untuk mengingat dan menerapkan ilmu tajwid pada saat membaca  kitab suci Al-Qur’an. Dari sini kemudian penulis merancang aplikasi game belajar Tajwidmu yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah pengguna atau user sebagai media belajar selain buku berbentuk fisik, selain itu game tajwidmu ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka tentang ilmu tajwid dari skor yang diperoleh pada saat game berakhir. Aplikasi pembelajaran berbasis android ini harapannya bisa dipakai oleh semua kalangan usia. Metode yang dipakai untuk pengembangan game Tajwidmu ini adalah agile development, metode tersebut dipilih berdasarkan dari segi kelebihannya yaitu segi keefisienan dalam mengembangkan suatu aplikasi. Hasil akhir dari pengimplementasian metode pengembangan agile development menunjukan bahwa metode ini menghasilkan game pembelajaran tajwidmu berbasis android yang dapat membantu pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid di mana saja dan kapan saja selain dari buku berbentuk fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2018). Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam ). Jurnal Ilmiah Betrik 9(03):152–62. doi: 10.36050/betrik.v9i03.41.

Erri W, P., Dian W, P, A., Prasita N. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(1):46–58. doi: 10.37438/jimp.v1i1.7.

Ekawati, P. L., & Falani, A. Z. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Link, 22(1), 30–36.

Java, M. I., and Ricky E, P. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Drone Simulator Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS) 1(01):26–33. doi: 10.26740/jinacs.v1n01.p26-33.

Kusnadi, I T., and Apip S. (2021). Implementasi Agile Methode Pada Sistem Informasi Penjualan Alat Olahraga Berbasis Web. Jurnal Informatika (JURIN) 3(2):28.

Paruntu, G. S., Sumenge T., Godion K., and Virginia T. (2020). Game Based Education : Shorinji Kempo. Jurnal Teknik Informatika 15(2):127–36.

Prasetyo, D, Noto K., Sekreningsih N. Universitas PGRI Madiun, Game Adventure, and Tokoh Gajah Mada. (2019). Perancangan Game Android Adventure Gajah Mada Dengan Metode Agile Development. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 67–70.

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Rifa’i, M, Ratih P., dan Elida S. (2019). Perancangan Aplikasi Perhitungan Tarif Angkutan Umum Dengan Penggunaan Gmap Berbasis Android. It (Informatic Technique) Journal 7(1):73. doi: 10.22303/it.7.1.2019.73-83.

Saputra, V. H., Darwis, D., & Febrianto, E. (2020). Rancang bangun aplikasi game matematika untuk penyandang tunagrahita berbasis mobile. Jurnal Komputer Dan Informatika, 15(1), 171–181.

Downloads

Published

2024-05-14