UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM TEKS EKSPLANASI MELALUI ZOOM CLOUD MEETING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING KEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII PROGRAM INTERNASIONAL SMP BINA INSANI BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021

Penulis

  • Yessy Meirliane Universitas Pasundan
  • Eggie Nugraha Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i02.5014

Kata Kunci:

Discovery Learning, Main Ideas, Explanatory Text

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik kelas VIII Program Internasional SMP Bina Insani Bogor berlatar belakang kemampuan menentukan ide pokok pada peserta didik relatif rendah dan penggunaan metode pembelajaran juga didominasi oleh ceramah sehingga peserta didik kurang berpartisipasi dalam mencari sumber belajar lain. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf dalam teks eksplanasi melalui Zoom Cloud Meeting dan model Discovery Learning kepada peserta didik kelas VIII Program Internasional SMP Bina Insani Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian terdiri atas 3 siklus yang masing-masing terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitashasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi atau tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning menggunakan Zoom Cloud Meeting dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menentukan ide pokok paragraf dalam teks eksplanasi dengan jabaran rata-rata hasil tes peserta didik adalah 73, 78, 90.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adalla, Metsi dkk. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa IV SDN Boloak Melalui Metode Tutor Sebaya. Palu: Jurnal Kreatif Tadulako

Budiningsih. 2005. Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri. DALAM ARTIKEL DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS XSMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Bandung: Jurnal Ilmiah.

Djajadi, Muhammad. 2019. PENGANTAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lestari, Yuzlah Wahyu Witri. 2010. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBERJATI 01 SILO MELALUI PENGGUNAAN KARTU PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF. Jember: Skripsi.

Miyarso, Estu. 2019. PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF. Jakarta: Modul

Mundilarto, Rustam. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. E-book: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Ridwan, Muhammad Habib. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah.

Triandy, Rendy. 2017. PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI IDE POKOK DALAM ARTIKEL DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Bandung: Jurnal.

Wulandari, Yun Ismi dkk. 2015. IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS I SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Surakarta: Makalah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-30