https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/issue/feed Garda Guru 2022-01-30T10:22:56+07:00 Eggie Nugraha ppgfkip@unpas.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Garda Guru adalah jurnal yang terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember yang bertujuan menjadi wadah publikasi ilmiah untuk menuangkan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian yang berkaitan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mencapai hal ini, jurnal&nbsp;Garda Guru secara selektif akan menyebarkan gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian yang berkualitas terkait dengan Pendidikan Profesi Guru, sehingga akan menghasilkan karya inovatif, kreatif dan orisinil dan dapat diuji validitas pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang dapat disebarluaskan dan diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat nasional, regional dan internasional.</p> https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/article/view/5014 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM TEKS EKSPLANASI MELALUI ZOOM CLOUD MEETING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING KEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII PROGRAM INTERNASIONAL SMP BINA INSANI BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021 2022-01-28T10:45:44+07:00 Yessy Meirliane meirliane90@gmail.com Eggie Nugraha eggienugraha@unpas.ac.id <p><em>Class Action Research on students of grade VIII International Program of SMP Bina Insani Bogor was based on students' relatively low ability to determine main ideas. The learning method is also dominated by a lecturing method so that students do not participate in finding other learning sources. The purpose of this research is to improve the ability to determine the main idea of paragraphs in an explanatory text through Zoom Cloud Meeting and Discovery Learning models to students of grade VIII International Program of SMP Bina Insani Bogor, the academic year 2020/2021. The study consists of 3 cycles, each of which consists of planning, action, observing, and reflecting. Data collection in this study used an instrument in the form of observation sheets in the learning process, while to determine the quality of student learning outcomes used evaluation sheets or tests. The results showed that using the </em>Discovery Learning<em> model and </em>Zoom Cloud Meeting<em> can improve student learning outcomes in determining the main idea of paragraphs in the explanatory text within the average description of student test results are 73, 78, and 90.</em></p> 2021-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Garda Guru https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/article/view/5113 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN DISCOVERY LEARNING DI SMAN 1 PANTAI CERMIN 2022-01-30T10:22:13+07:00 Rika Sriwahyuni Putri kikikia2010@gmail.com Acep Roni Hamdani acepronihamdani@unpas.ac.id <p><em>The era of information technology has an impact in various aspects, especially in the world of education. The world of education is demanded to have innovation so that the mindset of students can be organized as well. By organizing the learning process, it is hoped that the learning objectives can be achieved cognitively, affectively and psychomotorically.. In this study, the discovery learning model will be used as a learning model that is no longer as teacher centered, but on the students. The implementation of this research was carried out on all students of class XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Pantai Cermin, Solok Regency as many as 29 students in the odd semester of the 2021/2022 from July to December 2021. The results use cycles 1 and 2 and it has proven that the discovery learning model learning with a scientific approach used by researchers can improve student achievement in the cognitive skill.</em></p> 2021-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Garda Guru https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/article/view/5147 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISTEM TRANSPOR TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE KINESTETIK DI KELAS XI-A SMA KESATUAN BANGSA 2022-01-30T10:22:56+07:00 Deera Army Pramana deera.pramana@gmail.com Fitri Aryanti fitriaryanti@unpas.ac.id <p>Untuk mengendalikan penyebaran penyakit COVID-19 yang sudah berstatus pandemi, sekolah di zona merah dan kuning tidak diizinkan untuk beroperasi secara normal. Kegiatan pembelajaran pun harus beralih ke sistem digital. SMA Kesatuan Bangsa adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring dengan mengoptimalkan penggunaan LMS Google Classroom dan Zoom Meeting. Hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020 setelah pembelajaran daring diterapkan menunjukkan bahwa siswa SMA Kesatuan Bangsa mengalami penurunan kemampuan menjawab soal-soal yang memiliki level analisis, terutama jika dibandingkan dengan pencapaian ujian tengah semester sebelum masa pembelajaran daring. Pembelajaran daring lebih banyak menggunakan metode yang memfasilitasi gaya belajar visual dan audio serta terbatas dalam menerapkan modalitas kinestetik. Hal ini kemungkinan menjadi penyebab kurang optimalnya perkembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode kinestetik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama menerapkan modalitas audio-visual, sedangkan siklus kedua dan siklus ketiga menerapkan modalitas kinestetik berupa kegiatan praktikum mandiri dan menggambar diagram struktur tumbuhan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada ranah menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) mengalami peningkatan pada siklus 2 (N-gain = 0,2; rendah) dan pada siklus 3 (N-gain = 0,5; sedang). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode-metode yang memfasilitasi modalitas kinestetik berhasil meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Dengan demikian, metode pembelajaran kinestetik harus tetap diintegrasikan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi.</p> 2021-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Garda Guru