PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISTEM TRANSPOR TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE KINESTETIK DI KELAS XI-A SMA KESATUAN BANGSA

  • Deera Army Pramana Universitas Pasundan
  • Fitri Aryanti Universitas Pasundan

Abstract

Untuk mengendalikan penyebaran penyakit COVID-19 yang sudah berstatus pandemi, sekolah di zona merah dan kuning tidak diizinkan untuk beroperasi secara normal. Kegiatan pembelajaran pun harus beralih ke sistem digital. SMA Kesatuan Bangsa adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring dengan mengoptimalkan penggunaan LMS Google Classroom dan Zoom Meeting. Hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020 setelah pembelajaran daring diterapkan menunjukkan bahwa siswa SMA Kesatuan Bangsa mengalami penurunan kemampuan menjawab soal-soal yang memiliki level analisis, terutama jika dibandingkan dengan pencapaian ujian tengah semester sebelum masa pembelajaran daring. Pembelajaran daring lebih banyak menggunakan metode yang memfasilitasi gaya belajar visual dan audio serta terbatas dalam menerapkan modalitas kinestetik. Hal ini kemungkinan menjadi penyebab kurang optimalnya perkembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode kinestetik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama menerapkan modalitas audio-visual, sedangkan siklus kedua dan siklus ketiga menerapkan modalitas kinestetik berupa kegiatan praktikum mandiri dan menggambar diagram struktur tumbuhan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada ranah menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) mengalami peningkatan pada siklus 2 (N-gain = 0,2; rendah) dan pada siklus 3 (N-gain = 0,5; sedang). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode-metode yang memfasilitasi modalitas kinestetik berhasil meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Dengan demikian, metode pembelajaran kinestetik harus tetap diintegrasikan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2021
How to Cite
PRAMANA, Deera Army; ARYANTI, Fitri. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISTEM TRANSPOR TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE KINESTETIK DI KELAS XI-A SMA KESATUAN BANGSA. Garda Guru, [S.l.], v. 3, n. 02, p. 97-106, dec. 2021. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/article/view/5147>. Date accessed: 16 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/gardaguru.v3i02.5147.