PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 22 BANDUNG

  • Popi Sofyati Universitas Pasundan
  • Leni Maryani Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian  ini merupakan studi tentang penggunaan model pembelajaran koperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen  pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung, yang dilatarbelakangi rendahnya nilai Bahasa Indonesia siswa. Permasalahan  penelitian ini adalah tentang bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa  menganalisis unsur cerpen. Penelitian ini bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan siswa  dalam  menganalisis unsur instrinsik cerpen.  Metode penelitian  ini  merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa proses  pembelajaran dan    kemampuan  siswa dalam  menganalisis unsur intrinsik cerpen  meningkat setelah guru menggunakan metode  pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai rata-rata pada siklus I 69.12. Peningkatan nilai sebesar 9.41 dari nilai rata-rata pretest 59.71. Nilai rata-rata pada siklus II 77.65 mengalami peningkatan sebesar 8.53 dari tes siklus I. Adapun nilai rata-rata pada siklus III adalah 84.41, berarti mengalami peningkatan 6.76 dari tes siklus II. Sementara itu, postest nilai rata-ratanya 91,18 mengalami peningkatan sebesar 31.47 dari nilai pretest.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2020
How to Cite
SOFYATI, Popi; MARYANI, Leni. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 22 BANDUNG. Garda Guru, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 23-29, june 2020. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/gardaguru/article/view/3832>. Date accessed: 25 june 2022.