PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 22 BANDUNG
Keywords:
cerpen, unsur intrinsik cerpen, metode pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Penelitian ini merupakan studi tentang penggunaan model pembelajaran koperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 22 Bandung, yang dilatarbelakangi rendahnya nilai Bahasa Indonesia siswa. Permasalahan penelitian ini adalah tentang bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menganalisis unsur cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur instrinsik cerpen. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen meningkat setelah guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai rata-rata pada siklus I 69.12. Peningkatan nilai sebesar 9.41 dari nilai rata-rata pretest 59.71. Nilai rata-rata pada siklus II 77.65 mengalami peningkatan sebesar 8.53 dari tes siklus I. Adapun nilai rata-rata pada siklus III adalah 84.41, berarti mengalami peningkatan 6.76 dari tes siklus II. Sementara itu, postest nilai rata-ratanya 91,18 mengalami peningkatan sebesar 31.47 dari nilai pretest.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2020-06-30
Issue
Section
Articles