PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

Authors

  • Dini Rudiawati Solihah Universitas Pasundan
  • Meity Suratiningsih Universitas Pasundan

Keywords:

metode Make a Match, teks anekdot

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dilaksanakan sesuai kurikulum 2013 yakni berbasis teks. Berbagai teks dipelajari termasuk teks anekdot yang berupa cerita yang lucu dan menarik yang didalamnya terdapat kritikan. Kurikulum 2013 ini menuntut peserta didik untuk terampil dalam mencipta. Begitupun untuk pejaran bahasa Indonesia, peserta didik dituntut dapat meingkatkan pengetahuan juga keterampilan menulis. Akan tetapi, kebanyakan peserta didik kurang terampil dalam menulis teks terutama teks anekdot. Oleh sebab itu, dilakasanakanlah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Peserta Didik Kelas X SMK Pasundan 3 Bandung. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I peserta didik cukup mampu menulis ulang teks anekdot, akan tetapi nilai rata-rata yang diperoleh belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kriteria ketuntasan minimum yang harus dicapai adalah 75, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 73,6 yang didapat dari hasil perolehan setiap aspek (struktur teks, kebahasaan, isi, orisinalitas, dan ejaan). Berdasarkan hal tersebut, maka dilaksanakan kembali siklus II dengan menekankan pembelajaran pada kaidah kebahasaan teks anekdot. Setelah dilaksanakan siklus II maka didapat nilai rata-rata peserta didik adalah 87,3 atau dalam kategori sangat baik dan telah memenuhi ketuntasan minimum.  Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make a Match untuk peserta didik kelas X AP 2 di SMK Pasundan 3 mengalami peningkatan pada keterampilan menulis ulang teks anekdot.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30