PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERORIENTASI KRISIS DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA BANDUNG

Authors

  • Nur Apriyani Apriyani Universitas Pasundan
  • Aries Setia Nugraha Universitas Pasundan

Keywords:

model problem based learning, teks anekdot, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan  kemampuan  peserta  didik  dalam  menulis teks anekdot dengan menggunakan model problem based learning. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot sebelum mendapatkan perlakuan siklus melalui model problem based learning memiliki rata-rata skor 60,4 dan sesudah mendapatkan pelakuan di siklus I menjadi 71,3, di siklus II menjadi 77,2, dan di siklus III menjadi sebesar 80,1. Artinya, terdapat peningkatan nilai yang cukup signifikan ntara kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot sebelum dan sesudah dilakukan siklus 1 sampai dengan siklus III. Maka, dapat ditarik simpulan, yaitu model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot. Penulis menyarankan terhadap guru agar menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan peseta didik dalam menulis teks anekdot.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30