MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN STRUKTUR LANGKAH-LANGKAH PADA TEKS PROSEDUR MELALUI METODE SCRAMBLE DI KELAS XI AKUTANSI SMK BUDI RAKSA LEMBANG

Authors

  • Ita Pratiwi Wuryandari Universitas Pasundan
  • Darta Darta Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3804

Keywords:

teks prosedur, struktur, metode scramble

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas keingintahuan peneliti terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan struktur teks prosedur dengan menggunakan metode Scramble. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Akutansi sebagai subjek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam menentukan struktur pada teks prosedur, (2) untuk mengetaui proses penggunaan metode Scramble dalam pembelajaran menentukan struktur pada teks prosedur, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam menentukan struktur menggunakan metode Scramble. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakanlah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik penelitian dalam penelitian ini meliputi teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Perencanaan pembelajaran membaca pemahaman dalam penelitian ini merupakan aplikasi dari metode Scramble. Pada penelitian ini perlakuan diberikan dengan membentuk kelas menjadi beberapa kelompok dan setiap anggota kelompok tersebut harus bekerja sama satu sama lain untuk menyusun paragraf acak agar menjadi teks utuh yang padu. Selain siswa harus bekerja sama untuk menyusun paragraf acak, seluruh siswa juga harus bekerja sama untuk menentukan struktur teks prosedur yang telah disusunnya tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai pra siklus, siklus satu dan siklus dua.  Rata-rata skor akhir siswa pada pra siklus adalah 49,33 meningkat menjadi 63,33 pada siklus pertama, kemudian meningkat menjadi 80 pada siklus kedua. Data-data tersebut menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menentukan struktur teks prosedur pada siklus kedua dengan siklus pertama dan pra siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Scramble cocok diterapkan dalam pembelajaran menentukan struktur teks prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Agung, Iskandar (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budinuryanto, J. dkk. (1997). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kosasih, E. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Klaten: PT Intan Pariwara.

Sugiharti, P. (2011). “Penggunaan Metode scramble pada pembelajaran fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Penabur-Nomor 16/Tahun ke-10/Juni 2011. (http://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+penggunaan+metode+scramble&hl=en&as_sdt=0,5) .Jakarta Barat: BPK Penabur.

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suryabrata, Sumadi, 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana Pustaka.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsuddin dan Damaianti, V. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bandung: Rosda

Downloads

Published

2021-06-30