Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPS I Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match pada KD Mendeskripsikan Terbentuknya Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan I Bandung Ta

Penulis

  • Tusana Armiaty Universitas Pasundan
  • Asep Syamsul Bachri Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Model Cooperative Learning Tipe Make A Match, Motivasi Belajar

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak pendidik yang masih menggunakan model/metode pembelajaran konvensional sehingga hanya memusatkan kegiatan pembelajaran pada pendidik saja sebagai pentransfer ilmu, sedangkan peserta didik hanya sebatas mendengarkan atau menjadi penerima ilmu saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPS I melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, studi literature, studi dokumentasi, dan wawancara. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS I SMA Pasundan I Bandung. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik dari motivasi yang tergolong cukup pada siklus I menjadi motivasi yang tergolong tinggi pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match oleh pendidik pada saat kegiatan pembelajaran dapat meningkatan motivasi belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-30