PENGGUNAAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP

Authors

  • Irawan Sutiawan Universitas Pasundan
  • Poppy Yaniawati Universitas Pasundan
  • Uus Toharudin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3796

Keywords:

Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari karena keberadaannya dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peran dan tugas guru dalam rangka memaksimalkan kesempatan belajar siswa adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal tersebut dilakukan agar siswa bisa menyelesaikan permasalahan didalam kehidupannya. Untuk itu, guru dalam prosesnya perlu mempertimbangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mencapai kemampuan tersebut, yaitu pembelajaran CPS. Dalam penelitian yang dilakukan, siswa dibagi berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran Concurrent Triangulation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Darul Hikam Bandung dan sampelnya berupa 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, non tes berupa angket self efficacy, lembar wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan data penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan KAM (unggul dan asor) (2) Self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran CPS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan KAM (unggul dan asor) (3) Terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhaddad, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Self Regulated Learning Mahasiswa melalui Pembelajaran Model Treffinger. Disertasi UPI : Tidak diterbitkan

Bandura. A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. East Carolina University. Journal The Mathematics Educator 2007, Vol. 17, No. 2, 7–14

Isaksen, S.G, Dorval, K.B, Treffinger, D.J. (2013). Creative Approaches to Problem Solving (third edition). California : SAGE Publications, Inc

Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama

Jatisunda, M.G. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Dengan Pendekatan Kontekstual . Thesis UPI : Tidak diterbitkan

Minarni, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Proseding UNNIMED

Pajares, F and Miller, M.D. (1994). Role of Self-Efficacy and Self-Concept Beliefs in Mathematical Problem Solving: A Path Analysis. American Psychological Association, Inc. Journal of Educational Psychology 1994, Vol. 86, No. 2, 193-203

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective Sixth Edition. Greensboro: The University of North Carolina

Schultz, D. P and Schult, S. E. (2012). Theories of Personality Tenth Edition. Belmonth: Wadsworth Cengage Learning

VanGundy, A.B. (1987). Creative Problem Solving A Guide For Trainers and Management. Connecticut (USA) : Quorum Books Green Wood Press, Inc

Woolfolk, A. E. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition (Bagian Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Woolfolk, A. E. (2009). Educational Psychology: Active Learning Edition (Bagian Kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2021-06-30