PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI I BOJONGSOANGTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Wanti Daryanti Agustiani Universitas Pasundan
  • Titin Nurhayatin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i1.3790

Keywords:

metode mind mapping, keterampilan menulis teks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa, melalui metode mind mapping (peta konsep). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri I Bojongsoang Kabupaten Bandung yang berjumlah 38 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) . Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, catatan lapangan, dari mulai menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif  digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan menulis teks deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi terutama untuk siswa kelas VII-G  SMP Negeri I Bojongsoang Kabupaten Bandung. Peningkatan kualitas  proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efesien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran sebab kegiatan belajar dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kelebihan kegiatan ini adalah bersifat realistis, menumbuhkan kerjasama, dan mengedepankan kreativitas. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik menulis teks deskripsi dari mulai tindakan awal , siklus I sampai siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Heuken SJ, Adolf. 1971. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Published

2021-06-30