PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA (Studi Pada Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung)

  • Arini Permatasari Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. berdasarkan kenyataan yang ada desa Alamendah merupakan desa yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani serta tingkat pendidikan masyarakat yang usia produktif cenderung masih rendah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemerintah desa Alamendah telah mampu memberdayakan masyarakat melalui beberapa program-program pemberdayaan yaitu: pertama pengaktifan kelembagaan, kedua peningkatan peran serta masyarakat dengan kegiatan pelaksanaan kerja bakti, musrenbang desa serta pembangunan Fisik, ketiga peningkatan ekonomi produktif dengan kegiatan pembangunan. akan tetapi dalam melaksanakan upaya pemberdayaan masyarakat, pemerintah desa Alamendah mengalami kendala-kendala di antaranya partisipasi masyarakat yang, serta kurangnya fasilitas yang tersedia dalam mendukung kegiatan pemberdayaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 15, 2021
How to Cite
PERMATASARI, Arini. PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA (Studi Pada Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung). DECISION: Jurnal Administrasi Publik, [S.l.], v. 3, n. 2, sep. 2021. ISSN 2656-4939. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/decision/article/view/5073>. Date accessed: 18 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/decision.v3i2.5073.