ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN SUBANG

  • taqwaty firdausijah Universitas Pasundan

Abstract

Kompetensi pegawai berperan dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian organisasi untuk mencapai tujuannya. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kompetensi pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang yang belum optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi pegawai dan untuk mengetahui unsur-unsur kompetensi yang menjadi penentu dalam implementasi kompetensi pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan karyawan dalam memahami persyaratan pendaftaran serikat pekerja masih rendah, hal ini disebabkan kurangnya daya tanggap karyawan dalam menyelesaikan masalah keterlambatan proses pembuatan pencatatan serikat pekerja. Keahlian pegawai nampaknya belum maksimal dengan indikator adanya permasalahan sebagai berikut: dalam pencatatan kegiatan Serikat Pekerja masih terdapat data yang tidak sinkron yang menyebabkan kualitas pelayanan terkait data serikat pekerja dari Perusahaan ke Jasa, Khususnya Bidang Pembangunan dan Perlindungan Ketenagakerjaan yang dilaporkan sampai data yang ada tidak tercatat. perbarui secara teratur.
Unsur determinan dalam pelaksanaan kompetensi pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang menurut hasil penelitian adalah sikap. Dengan adanya landasan perilaku pegawai yang berlandaskan nilai-nilai serta Kode Etik dan Tata Tertib diharapkan dapat menciptakan aparatur pemerintah yang bersih, berwibawa, dan bertanggung jawab.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 15, 2020
How to Cite
FIRDAUSIJAH, taqwaty. ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN SUBANG. DECISION: Jurnal Administrasi Publik, [S.l.], v. 2, n. 2, sep. 2020. ISSN 2656-4939. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/decision/article/view/3170>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/decision.v2i2.3170.