KONTRIBUSI PKN DALAM PENGEMBANGAN PERSPEKTIF LINTAS BUDAYA PESERTA DIDIK
Pendidikan Kewarganegaraan, Perspektif Lintas Budaya, Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/civicedu.v2i1.1312Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rentan dengan disintegrasi sebagai bangsa yang beragam akan suku dan budaya. Disintegrasi ini yang dikhawatirkan akan mengganggu kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan yang memiliki tujuan untuk membentuk warga negara yang baik dan cerdas mempunyai andil dalam menyiapkan warga negara muda. Bagiamana kontribusi pendidikan kewarganegaraan dalam pengembangan perspektif lintas budaya siswa. Penelitian ini berusaha untuk menggali bagaimana pengembangan kompetensi, muatan materi, proses belajar, dan lingkungan belajar budaya dalam pengembangan perspektif lintas budaya siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Batanghari Nuban, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur. Data dalam penelitian ini diambil dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ditemukan (1) Kompetensi pendidikan kewarganegaraan yang digunakan dalam pengembangan perspektif lintas budaya siswa, (2) muatan pendidikan kewarganegaraan dalam pengembangan perspektif lintas budaya siswa, (3) proses belajar yang dilakukan dalam pengembangan perspektif lintas budaya siswa, (4) lingkungan belajar yang ada untuk pengembangan perspektif lintas budaya siswa. Pendidikan kewarganegaraan memberikan kontribusi terhadap diri siswa dalam menjaga kerukunan dalam masyarakat yang beragam.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-12-30
Issue
Section
Articles
License
Hak Cipta sepenuhnya berada di tangan jurnal.