Pengembangan Asesmen Autentik Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Mengukur Kemampuan Kolaboratif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi

Authors

  • Eliaumra Sintuwu Maroso University
  • Sumarno A.Hulinggi Universitas Sintuwu Maroso
  • Dewi Purwasih Samaela Universitas Sintuwu Maroso

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.8469

Keywords:

Asesmen autentik, metode jigsaw, kemampuan kolaborasi, berpikir kritis, mahasiswa pendidikan biologi

Abstract

Tujuan utama pembelajaran abad 21 adalah menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah,  berkomunikasi, kreatif, inovatif dan mampu berkolaborasi. Untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang siap mengajar dan mendidik melalui pembelajaran abad 21 yang relevan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan kolaboratif dan berpikir kritis dapat diukur  melalui asesmen autentik yang mampu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi era tersebut. Asesmen autentik adalah suatu bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menunjukkan kinerja dalam konteks dunia nyata yang menunjukkan aplikasi bermakna dari penerapan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen autentik dengan menggunakan metode jigsaw untuk mengukur kemampuan kolaboratif dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development).  Model yang digunakan adalah model ADDIE   yaitu analisis, desain, mengembangkan, implementasi dan evaluasi. Sampel penelitian ini mahasiswa semester VII yang berjumlah 20 orang yang diambil secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif statistik.  Hasil penelitian telah diperoleh produk asesmen autentik  berupa lembar observasi kemampuan kolaborasi dan tes kemampuan berpikir kritris melalui metode jigsaw. Asesmen yang dihasilkan telah dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi lapangan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.

Colton, D., & Covert, R. W. (2007). Desigining and Concructing Instrumens for Social Research and Evaluation. Jossey-Bass.

Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 229–238.

Farah Ayuni, Andiopenta Purba, & Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 417–428. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763

Husairi, H., & Hannan, A. (2022). Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mi Nw Lingkuk Buak . Journal Of Alifbata: Journal of Basic Education (JBE), 2(1 SE-Research Articles). https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.283

Isjoni. (2014). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

National Research Council. (2012). Developing Transferable Knowlwdgw and Skill in the 21st Century. July, 1–4. https://sites.nationalacademies.org/cs/groups/dbassesite/documents/webpage/dbasse_070895.pdf

Nisa, K., Thamrin, A., & Agustin, R. S. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 4 Sukoharjo. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22554

Palm, T. (2008). Performance assessment and authentic assessment: A conceptual analysis of the literature. Practical Assessment, Research and Evaluation, 13(4), 1–11.

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar : Relevan dengan Kurikulum Berbasis KompetensiNo Title. Unesa University Press.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Soedimardjono, F. P., & P., P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 172. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Keuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yasir, A. H., & Alnoori, .Prof. Bushra Saadoon Mohammed. (2020). Teacher Perceptions of Critical Thinking among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Research in Science and Technology, 10(4), 198–206. https://doi.org/10.37648/ijrst.v10i04.002

Downloads

Published

2023-06-30