Pengembangan Asesmen Autentik Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Mengukur Kemampuan Kolaboratif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.8469Keywords:
Asesmen autentik, metode jigsaw, kemampuan kolaborasi, berpikir kritis, mahasiswa pendidikan biologiAbstract
Tujuan utama pembelajaran abad 21 adalah menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi, kreatif, inovatif dan mampu berkolaborasi. Untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang siap mengajar dan mendidik melalui pembelajaran abad 21 yang relevan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan kolaboratif dan berpikir kritis dapat diukur melalui asesmen autentik yang mampu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi era tersebut. Asesmen autentik adalah suatu bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menunjukkan kinerja dalam konteks dunia nyata yang menunjukkan aplikasi bermakna dari penerapan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen autentik dengan menggunakan metode jigsaw untuk mengukur kemampuan kolaboratif dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Model yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analisis, desain, mengembangkan, implementasi dan evaluasi. Sampel penelitian ini mahasiswa semester VII yang berjumlah 20 orang yang diambil secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif statistik. Hasil penelitian telah diperoleh produk asesmen autentik berupa lembar observasi kemampuan kolaborasi dan tes kemampuan berpikir kritris melalui metode jigsaw. Asesmen yang dihasilkan telah dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi lapangan.Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.
Colton, D., & Covert, R. W. (2007). Desigining and Concructing Instrumens for Social Research and Evaluation. Jossey-Bass.
Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 229–238.
Farah Ayuni, Andiopenta Purba, & Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 417–428. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763
Husairi, H., & Hannan, A. (2022). Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mi Nw Lingkuk Buak . Journal Of Alifbata: Journal of Basic Education (JBE), 2(1 SE-Research Articles). https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.283
Isjoni. (2014). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Belajar.
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012
National Research Council. (2012). Developing Transferable Knowlwdgw and Skill in the 21st Century. July, 1–4. https://sites.nationalacademies.org/cs/groups/dbassesite/documents/webpage/dbasse_070895.pdf
Nisa, K., Thamrin, A., & Agustin, R. S. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 4 Sukoharjo. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i1.22554
Palm, T. (2008). Performance assessment and authentic assessment: A conceptual analysis of the literature. Practical Assessment, Research and Evaluation, 13(4), 1–11.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar : Relevan dengan Kurikulum Berbasis KompetensiNo Title. Unesa University Press.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Soedimardjono, F. P., & P., P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 172. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Keuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yasir, A. H., & Alnoori, .Prof. Bushra Saadoon Mohammed. (2020). Teacher Perceptions of Critical Thinking among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Research in Science and Technology, 10(4), 198–206. https://doi.org/10.37648/ijrst.v10i04.002
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.