Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

E-book Interaktif

Authors

  • Hafsah Universitas Pakuan
  • Nandang Hidayat Universitas Pakuan
  • Lufty Hari Susanto Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.7786

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif untuk meningkatkan kompetensi siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) adalah model ADDIE yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2021. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gunungputri kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan uji coba dilaksanakan secara terbatas dalam bentuk kegiatan pembelajaran dalam jaringan dengan menggunakan desain penelitian the one group pretest – postest design. Instrumen yang digunakan pada peneltian ini terdiri dari lembar validasi ahli untuk menguji kelayakan e-book interaktif, instrumen soal tes siswa untuk mengetahui kompetensi siswa, serta instrumen angket respon guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan e-book interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan rata – rata nilai validasi ahli pakar sebesar 90,3% dengan kriteria sangaat layak. Bahan ajar e-book interaktif memiliki keefektifan untuk meningkatkan kompetensi siswa pada materi sistem reproduksi dengan rata – rata nilai n-gain sebesar 0,4 (40%) dengan kriteria sedang dan tingkat efektivitas cukup efektif. Berdasarkan angket respon guru dan siswa terhadap bahan ajar e-book interaktif diperoleh sebesar 95,55% dan hasil angket siswa sebesar 82,20 % dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, D. D., & Sucahyo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning dan Pendekatan Inkuiri pada Materi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 23–31.

Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. At-Tadbir STAI Daru; Kamal NW Kembang Kerang, 1(2), 26–40.

Apriani, L. A., Lestari, M. A., & Wiguna, R. I. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sumber Informasi Siswi Madrasah Aliyah Tentang Kesehatan Reproduksi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 10(1), 9–16.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media.

Asep Mulyana & Chaerul Rochman, A. S. (2019). Tantangan Kompetensi Kognitif Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Alfa Centauri Bandung. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati, 8(2).

Astuti, R., & Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1).

Febriyanti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 775–784.

Hasan, M. F., Suyatna, A., & Suana, W. (2018). Development of Interactive E-book on Energy Resources to Enhance Student ’ s Critical Thinking Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 109–121.

Hera, R. (2017). Pengembangan Handout Pembelajaran Sistem Reproduksi Pada Manusia Berbasis Kontekstual Di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. BIOnatural, 4(2), 53–65.

Iman, F., Anwar, I. F., Harahap, L. J., Ningsih, S., Miarsyah, M., Ristanto, R. H., Biologi, M. P., & Jakarta, U. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mnemonic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(1).

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, J., Muhyiatul, F., & Elsa Yuniarti. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Berorientasi Promotive Dan Preventif Kesehatan Reproduksi Remaja Untuk Kelas XI SMA/MA. Journal Biosains Volume, 1(2), 248.

Rifzal, I. L., Akmam, & Nurhayati. (2015). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis POE Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VII SMPN 5 Padang. Pillar of Physics Education, 6, 33–40.

Rina Tiya Lestari, Eka Pramono Adi, dan Y. S. (2018). E-Book Interaktif. Malang : Universitas Negeri Malang, 1, 71–76.

Rosyidah, I., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 49–59.

Sari, F. F., & Widowati, B. (2023). The Development Of Interactive E-Book Media On Protist topic To Improve Learning Outcomes For 10th Grade Of Senior High School. 12, 157–167.

Setyawan, A., & Faqih, F. I. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif Materi Kesastraan Berkearifan Lokal Pulau Mandangin Berbasis Aplikasi Flip PDF Professional. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 23(1), 114–127.

Setyawan, A., Syarifudin, A. S., & Akrom, R. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran teks hikayat berbasis Ispring untuk siswa kelas X SMA. 5(2), 142–159.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Winarni, E. W. (2021). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research And Development (R&D). Jakarta : Bumi Aksara.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86.

Downloads

Published

2023-06-30