Respon Keterlaksanaan E-Book Ilmu Lingkungan Berorientasi Conceptual Change

Authors

  • Yuli Febrianti STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • Endang Suswati Universitas PGRI Silampari
  • Nopa Nopiyanti Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.7653

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis keterlaksanaan e-book ilmu lingkungan berorientasi conceptual change. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melalui lembar keterlaksanaan e-book ilmu lingkungan berorientasi conceptual change. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket) berbentuk kuesioner tertutup yang berisikan tentang aspek pengamatan yang diberikan kepada pengamat untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan e-book ilmu lingkungan berorientasi conceptual change yang dibuat oleh peneliti. Adapun teknik analisis data digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh       melalui kuesioner (angket) yang telah dinilai oleh pengamat. Analisis data yang digunakan dengan cara mengelompokkan informasi dari data hasil kualitatif yang berupa tanggapan dan hal-hal lain yang ditemukan selama pengamatan. Adapun analisis data dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merefisi produk. Data yang diperoleh dianalisis dan diukur persentase respon pengamat melalui pedoman skor penilaian respon pengamat terhadap keterlaksanaan e-book ilmu lingkungan berorientasi conceptual change.  Hasil penelitian ini adalah perolehan skor angket yang disi oleh pengamat diperoleh jumlah skor angket 38 dan dihitung menggunakan rumus diperoleh hasil yaitu 95%. Simpulan dalam penelitian ini adalah respon yang positif dari pengamat terhadap keterlaksanaan e-book ilmu lingkungan berorientasi conceptual change sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Kata Kunci—Conceptual Change, E-Book, Ilmu Lingkungan, Kuesioner (Angket), Respon Keterlaksanaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28-37.

Jalinus, N. (2018). Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning (CPjBL) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students.

Mulyono, W. D. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Steam Engineering, 2(1), 23-30.

Pratiwi, M. A., Afandi, B., & Sudiarti, D. (2022). Pengembangan Media 3 Dimensi Berbasis Android pada Materi Sistem Ekskresi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 33-37.

Putri, A. N., & Muhartati, E. (2018). Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Modul Berbasis Guided Inquiry pada Matakuliah Teknik dan Manajemen Laboratorium Biologi. Pedagogi Hayati, 2(1), 38-41.

Riastuti, R. D., & Febrianti, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Tumbuhan Berbasis Lingkungan di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pro-Life, 8(2), 178-191.

Savitri, S., Araina, E., Fahrina, R., Nurhanisha, U., & Yantie, S. (2022). Pengembangan bahan ajar digital problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata kuliah zoologi vertebrata. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(1), 77-84.

Sofiyana, M. S., Rohman, F., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan buku referensi bioekologi berdasarkan kajian struktur komunitas lumut epifit di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 117-130.

Sukmawati, W., Kadaroman, A., Suwarna, O., & Sopandi, W. (2020). Pengembangan bahan ajar kimia dasar berbasis conceptual change text pada materi redoks. Jurnal Edusains, 12(2), 244-251.

Susiloningsih, W. (2018). Respon Mahasiswa Dalam Penerapan Strategi Jurnal Refleksi Mahasiswa. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 55-63.

Downloads

Published

2023-06-30