Analisis Intention to act dan Motivasi Belajar Siswa Pasca praktikum Isolasi DNA Sederhana Menggunakan Alat dan Bahan Dapur

Authors

  • dedah
  • solihin s UIN Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i2.6531

Keywords:

Intention to act, Isolasi sederhana DNA, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Praktikum dalam pembelajaran biologi merupakan modal penting dalam memicu intention to act dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intention to act dan motivasi siswa pasca praktikum isolasi DNA di MA Parakan Salak. Metode yang digunakan merupakan metode eksperiment, dengan one groups design. Sampel penelitin terdiri dari 32 siswa didapat dengan menggunakan Teknik purposive random samping.  Data hasil di analisis dengan mengunakan SPSS untuk mengetahui pengaruh dan hubungan setiap variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh praktik isolasi DNA buah dan sayur terhadap intention to act dan motivasi belajar siswa MA Parakan Salak. Adanya hubungan kegiatan praktikum isolasi DNA buah dan sayur dengan intention to act siswa, dan terdapat hubungan antara praktik isolasi DNA buah dan sayur dengan motivasi belajar siswa MA Parakansalak. Impikasi dari penelitian ini adalah keterbatasan dalam alat bahan setidaknya tidak membuat guru tidak melakukan praktik di kelas atau laboratorium, guru harus lebih kreatif dalam belajar. Salah satunya praktik isolasi DNA buah dan sayur dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di dapur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ad, K. (2019). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Di Kelas Xii Ipa Sman 11 Sinjai.

Asvio, N. (2017). The Influence of Learning Motivation and Learning Environment on Undergraduate Students ’ Learning Achievement of Management of Islamic Education , Study Program of Iain Batusangkar In 2016 Abstract : January.

Badaruddin, M., & Untung, S. (2020). The Influence of Learning Motivation on the Learning Outcomes of Vocational Students at Lampung University. 29(05), 133–140.

Dasi, A. A., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Antara Locus Of Control Dan Personal Responsibility Dengan Intention To Act SiswA. 4(1), 11–22.

Dwi Kartika Susanti Nestiyanto Hadi. (2022). Analisis Praktikum IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14, 95–102. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.5049.Received

Fitri Laela Rahmadhani, Fuad Jaya Miharja, A. M. H. (2021). Guided Discovery in Genetic Learning: Implementation and Impact on Higher-Level Thinking Skills. 10(1), 1–8.

Iman, F., Miarsyah, M., & Vivanti, D. (2019). JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ) The effect of intention to act and knowledge of environmental issues on environmental behavior. 5(3), 529–536.

Irmawanty. (n.d.). Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Murid Kelas IV SDN No . 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. 166, 362–373.

Kahar, M. S. (2018). Motivation Analysis Learning in The Implementation of Physics Practicum. 8(1), 1–6.

Nasution, I. B., & Edi, S. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Medan Kota. 5(3), 174–179.

Puspitaningrum, R., Yatimah, D., Samadi, S., Muthmainnah, Z., Aldeirre, D., & Solihin, S. (2018). Effect of coral reef conservation education on students’ social sensitivity (A co-curricular learning experimental study at SMKN 61 Jakarta Pulo Tidung Besar Regency, Kepulauan Seribu). AIP Conference Proceedings, 2019(2018). https://doi.org/10.1063/1.5061890

Puspitaningrum Rini, Chris Adhiyanto, S. (2018). Genetika molekuler dan aplikasinya.

Putri, P. E., & Fuadiyah, S. (2021). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Selama Pembelajaran Daring pada Siswa XI Sekolah Menengah Atas. 4(3), 338–342.

Rauch, A. (2015). Putting Entrepreneurship Education Where the Intention to Act Lies : An Investigation Into the Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Behavior. 14(2), 187–204.

Rizky Ariaji, A. F. D. H. (2018). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Terpadu Kelas VII Dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan Rizky. 7(2), 141–148.

Sari, E., Mulyadi, M., Yatimah, D., Maulana, R., & Solihin, D. (2021). Model Manajemen Pendidikan Antikorupsi Berbasis Kepemimpinan Kenabian Anti-corruption Education Management Model Based on Prophetic Leadership Behavior. Jurnal Masalah-Masalah Sosial |, 12(2), 2614–5863. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2495

Sasmita, K., Palenewen, E., Karnadi, K., Solihin, S., & Badrudin. (2021). What’s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012028

Setyoko. Indriaty. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Mahasiswa. 7(3), 157–166.

Solihin, S., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Relationship between Ecosystem Knowledge and Locus of Control with Intention to Act in MAN on Environment of Sukabumi District. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(4), 1–5. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i4.2529

Yatimah, D., Solihin, S., Adman, A., & Syah, R. (2019). Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult education on environment concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1402(3), 11–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/3/033039

Downloads

Published

2022-12-31 — Updated on 2023-01-03

Versions