Efektivitas Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i2.6396Keywords:
Animasi, Hasil Belajar, Sistem EkskresiAbstract
Pemanfaatan media memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga memperlancar serta meningatkan proses dan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang umumnya digunakan guru di MTs Negeri 2 Mempawah adalah media power point, sedangkan media animasi merupakan media yang memiliki kelebihan yang dapat menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media animasi dan media power point. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Eksperimental dengan rancangan None Equivalent Control Group Design. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest, yang dianalisis dengan uji t dan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diajar menggunakan media animasi memperoleh nilai sebesar 34,23 sedangkan siswa yang diajarkan menggunakan media PPT memperoleh nilai sebesar 12,81. Selisih nilai gain kedua kelas tersebut sebesar 21,42. Hasil uji independent samples test yang didapatkan taraf signifikan 0,000<0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media animasi terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dikelas VIII MTs Negeri 2 Mempawah. Rata-rata nilai postest kelas eksperimen (83,19) lebih besar dibanding rata-rata nilai postest kelas kontrol (60,73). Berdasarkan hasil uji-t, diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media video animasi dan media ppt. Nilai effect size (ES) yang diperoleh sebesar 2,48 dengan interpretasi cohen’s kategori besar.Downloads
References
Abdul, M. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Ahmadi, Rulam. (2016). Metodologi Penelitian Kualititatif. Yogyakarta : AR-Ruzz Media
Amna Emda, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah, Jurnal Ilmiah Didaktika, Agustus, 2011
Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Aunurrahman, (2012). Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Emy Siswanah, Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran Trigonometri
Hadi, Syamsul. 2008. Microsoft Power Point. Surabaya: Tiara Aksa
Maya Jatmika, Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan JasmaniIndonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Muhibbinsyah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Rusdianto. Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MA Negeri Model Makassar pada Konsep Sistem Pencernaan, Skripsi.Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Negeri Makassar. 2008.
Sayful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung ; Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung ; Alfabeta.
Yulius, Oscar. 2010. Akses Cepat Menguasai Microsoft Office 2010. Jakarta: Jalur Mas Media

Downloads
Published
Versions
- 2022-12-31 (4)
- 2022-12-31 (3)
- 2022-12-31 (2)
- 2022-12-31 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.