Kemampuan Guru Biologi dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik

Authors

  • Binar Azwar Anas Harfian Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i2.569

Keywords:

kompetensi pedagogik, guru biologi, kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolah ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel lima orang guru dari populasi sebanyak tujuh orang guru. Teknik pengambilan sampelnya dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitiannya adalah tingkat kemampuan guru biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMA Negeri Kabupaten Sleman yaitu satu orang guru dengan kategori sangat mampu, tiga orang guru dengan kategori mampu, serta satu orang guru dengan kategori cukup mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghufron, A. (2008). Optimalisasi kegiatan inovatif guru dalam implementasi kurikulum di sekolah. Yogyakarta: UNY.

Miles, M. B., Huberman A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. Beverly hills: SAGE Publications. Lnc.

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2010). Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyarahajoe, R. & Irtanto. (2013). The competence of teacher as human resouces at senior high school of kediri city east java province. SAVAP International, 4 (1), 40-49.

Downloads

Published

2018-05-30