Pengembangan E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA

Authors

  • Alisha Amaliah Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makasar
  • Andi Asnawati Azis Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5630

Keywords:

ADDIE, E-book, Kepraktisan, Studi Kasus.

Abstract

Buku Elektronik (E-book) berbasis studi kasus pada materi perubahan lingkungan dengan tujuan menghasilkan E-book yang memenuhi kriteria praktis E-book dirancang dan dikembangkan menggunakan Canva, dan Flip PDF Corporate. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze (menganalisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (mengevaluasi). Tahapan implementasi E-book dilakukan di SMA Negeri 5 Wajo dengan subjek penelitian yaitu 1 orang guru biologi dan 20 orang peserta didik kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kepraktisan E-book melalui respon guru sebesar 82,67%, dan peserta didik 87.00 %, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa E-book berbasis studi kasus pada materi perubahan lingkungan memiliki kriteria sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan. 2015. Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK (MPBK Berbasis TIK) Untuk Siswa SMP. Journal of EST, 1(1) :1-11.

Adnan., & Bahri, A. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Biologi pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme untuk Pencapaian Standar Kompetensi Keanekaragaman Mahluk Hidup. Laporan Penelitian PNBP FMIPA UNM. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Adnan., Mulbar, U., Sugiarti, & Bahri, A. 2021. Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1752 (1).

Adnan., Mulbar, U., Sugiarti., & Bahri, A. 2019. Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1-8.

Adnan., Saenab, S., & Saleh, A.R. 2016. Unleash Students “Motivation with Blended Knowledge Transfer Instructional Model”. Proceedings of ICMSTEA 2016: International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Applications, Makassar, Indonesia, 3rd – 4th, 240–243.

Akbar, T. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126.

Andriyani, L. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Zat Aditif di SMP Negeri 18 Palembang. Thesis.Palembang: UIN Raden Fatah.

Arsyad, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Dosdakarya.

Depdiknas. 2008. “Panduan Pengembangan Bahan Ajar”. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hartati, R. (2016). Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Terpadu. Edusains, 8(1), 90—97.

Kurniawati, T., Kusumaningsih, C., & Rhamadiyanti, Y. 2017. Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2 (2), 281-293.

Lewinsohn, T. M., Attayde, J.L., Fonseca, C.R., Ganade, G., Jorge L., Kollmann, J., Overbeck, G.E., Prado, P.I., Pillar, V.D., Popp, D., Rocha, P. L. B., Silva, W.R., Spiekermann, A. & Weisser, K.W. (2015). Ecological Literacy and Beyond: Problem-Based Learning for Professionals. AMBIO, 44(2), 154—162.

Miharja, J., & Juniawan, E. A. (2020). Pengembangan Modul Integrated Multimedia pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Di SMA. BIOSFER, 2(5), 1-9.

Miharja, J., & Lestari, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Melalui Mobile Learning Berbasis Android Materi Sistem Koordinasi Manusia. BIOSFER, 2(6), 50 - 60.

Natalia, D., Lufri, & Sumarmin, R. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bermuatan Studi Kasus Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. pps bio unp, 97-104.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 5(1), 967 - 974.

Pratiwi, D., Suratno., & Pujiastuti. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendektan SAVI (Somatic, Auditory, Intellectual) pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 5—9.

Reynaldo, I. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik SMA/MA. UIN Raden Intan Lampung.

Wospakrik, F., Yogy, A., & Muharyanti, L. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Health of Studies, 4(1), 30-37.

Downloads

Published

2022-06-30