Pembelajaran Abad 21 dengan menggunakan Wikipedia sebagai Sumber Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

  • Ida Yayu Nurul Hizqiyah Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ari Widodo Departemen Pendidikan Biologi, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Sriyati Departemen Pendidikan Biologi, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberi kemudahan bagi kehidupan manusia di berbagai sektori. Sehingga manusia yang dibutuhkan dalam dunia kerja adalah yang mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi, salah satunya dengan memiliki keterampilan pemecahan masalah. Program pendidikan telah mempersiapkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21 dengan melatihkannya ke dalam pembelajaran. Teknologi membuat akses informasi lebih luas dan cepat. Sehingga penggunaanWikipedia bisa dijadikan alternative untuk memperoleh informasi sekaligus melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Dalam hal ini Wikipedia dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran. Berkaitan dengan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa siswa dengan menggunakan Ensiklopedi Online Wikipedia  sebagai sumber informasi. Penelitian dilakukan dengan metode One group pretest-posttest karena penelitian mengukur keterampilan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan Ensiklopedi Online Wikipedia.  Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive yang menerapkan kriteria-kriteria tertentu sehingga terpilih satu kelas yang terdiri dari 41 orang. Data keterampilan pemecahan masalah siswa dijaring dengan menggunakan instrumen tes pemecahan masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan nilai N gain siswa berada pada kategori sedang, karena sebanyak 44% siswa memiliki nilai N-gain yang sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Ensikopedi Online Wikipedia memiliki peluang dalam pembelajaran. Hal tersebut karena Ensikopedi Online Wikipedia menyediakan informasi secara cepat dan ringkas. Sehingga dapat dijadikan tempat pemberhentian pertama dalam mencari informasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
NURUL HIZQIYAH, Ida Yayu; WIDODO, Ari; SRIYATI, Siti. Pembelajaran Abad 21 dengan menggunakan Wikipedia sebagai Sumber Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-12, june 2022. ISSN 2549-0486. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/5607>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5607.