Penerapan Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Ternate

  • Jailan Sahil Unkhair
  • Said Hasan Universitas Khairan
  • Ade Haerullah Universitas Khairan
  • Ningsih Saibi Universitas Khairan

Abstract

Proses pembelajaran abad 21 dapat terlaksana jika didukung dengan kurikulum yang mengimplementasikan model-model pembelajaran yang menunjang kegiatan pembelajaran abad 21, salah satunya dengan menggunakan kurikulum 2013. Pembelajaran yang baik akan mampu mengantarkan siswa untuk mampu sukses di abad 21, oleh karena itu penerapan keterampilan abad 21 menjadi sangat penting diajarkan pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran biologi di SMA Kota Kota Ternate untuk siswa semester satu tahun ajaran 2020/2021. Menggunakan metode survei pada penelitian ini, dengan instrumen berupa lembar observasi, lembar kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pemahaman guru tentang pembelajaran abad 21 dengan kategori baik, rata-rata persentase sebesar 79%. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat guru biologi dengan menambahkan kegiatan pembelajaran abad 21 dengan kategori baik (85,7%). Keterlaksanaan pembelajaran abad 21 di SMA Negeri Kota Ternate dengan kategori baik dengan persentase sebesar 73,31%. Discovery Learning adalah model pembelajaran yang paling banyak dan sering digunakan oleh guru pada materi virus dan bakteri. Berdasarkan analisis secara keseluruhan diperoleh informasi bahwa penerapan pembelajaran abad 21 terlaksana dengan baik.
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
SAHIL, Jailan et al. Penerapan Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Ternate. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 13-19, june 2022. ISSN 2549-0486. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/5430>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5430.