ANALISIS EFEKTIVITAS PROJECT SCIENTIFIC DALAM MENILAI KEMAMPUAN PEDAGOGIK CALON GURU BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v3i2.512Keywords:
Kemampuan Pedagogik, lembar kerja berbasis project scientific, Praktek Pengenalan LapanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas project scientific dalam menilai kemampuan pedagogik / mengajar mahasiswa calon guru biologi di 3 (tiga) sekolah menengah atas di Bandung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Educational Research and Development (R & D) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Instrumen yang digunakan adalah : Lembar observasi yang menilai kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru Biologi. Penelitian ini didasari dari pengembangan Model LKS berbasis project scientific yang di implementasikan di sekolah menengah atas oleh mahasiswa Praktek Pengenalan Lapangan (PPL). Sample pada penelitian ini adalah mahasiswa semester VII yang sedang melaksanakan praktek pengenalan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pedagogik mahasiswa dalam mengimplementasikan lembar kerja berbasis project scientific sangat baik dengan rerata nilai 3.47 hal ini menunjukkan kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru berhasil meningkatkan kemampuan mengajar dengan menunjukkan kompetensi mampu mengarahkan kegiatan praktikum dengan baik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-12-28
Issue
Section
Articles