Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik pada Materi Sistem Saraf melalui Pembelajaran Blended Learning berbasis TPACK
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.4676Keywords:
Kemampuan Analisis, TPACK, Blended LearningAbstract
Kemampuan analisis merupakan kemampuan dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, dengan menguraikannya menjadi unsur-unsur serta menentukan keterkaitan antar unsur-unsur tersebut dalam struktur keseluruhan. Kemampuan analisis penting dimiliki peserta didik khususnya dalam pelajaran biologi yang sarat dengan konsep-konsep sistem yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada pokok materi sistem saraf dengan pembelajaran blended learning berbasis TPACK. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental design berbentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung dengan sampel kelas XI MIPA A yang dicuplik secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan blended learning berbasis TPACK dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi pokok sistem saraf (Gain rata-rata 34,00) dengan dominasi kategori peningkatan tinggi (84 % peserta didik) (0,73 ≤ N-Gain ≤ 1,00). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menguasai kerangka pembelajaran TPACK agar lebih mudah penerapannya dalam pembelajaran.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.