Membangun Karakter Mandiri melalui Pembelajaran Biologi Selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4099Keywords:
Kemandirian – Biologi – Pandemi Covid-19.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19, dimulai dari mulai Juli 2020 sampai bulan September 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuningan tahun pelajaran 2020/2021, yang terdiri 33 siswa. Hasil penelitian melalui pembelajaran Biologi menunjukan masih rendahnya kemandirian belajar siswa sebesar 35,7% siswa yang selalu berusaha untuk mengerjakan sendiri tugas-tugas dari sekolah selama masa pandemi Covid-19. Serta sebesar 39,3% siswa yang sering berusaha untuk mengerjakan tugas tepat waktu selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Peran guru, orang tua serta sekolah untuk member motivasi kepada peserta didik..Downloads
References
Ali, Muhammad,2009, Pendidikan untuk pembangunan, Jakarta, Imtima.
Ali M, Aisyyah, Pendidikan karakter, konsep dan implementasinya, Jakarta, Kencana, 2013
Arikunto, S,2006, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis, Jakarta, Rinekacipta
Asrori, M,2010, Psikologi remaja perkembangan peserta didik, Jakarta, Bumi aksara
Basri, Hasan, 2000, Kiat sukses melalui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar, Razibook
Mujiman, Haris, 2006, Manajemen pelatihan berbasis belajar mandiri, Yogyakarta, Pustaka belajar
Nurhayati, Eti, 2011, Psikologi Pendidikan Inovatif, Yogyakarta, Pustaka belajar
Nurwahyuni, Esa, Baharudin, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Arruzz Media
Rosnida, 2007, Kemandirian dalam perilaku, Jakarta, Bumi aksara
Sukarno, Anton, 1999, Ciri kemandirian belajar, Jakarta, Kencana Prenada Media
Thursan, Hakim, 2006, mengatasi rasa tidak percaya diri, Jakarta, Puspa swara
Utomo, Jacob, 1990, Kemandirian belajar siswa perlu ditingkatkan, Jakarta, Bumi aksara.