Profil Kemampuan Argumenasi Siswa Mengenai Isu Sosiosaintifik dalam Pembelajaran Online

Authors

  • Rifda Tanfiziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diana Rochintaniawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4081

Abstract

Salah satu tuntutan pembelajaran abad 21 adalah siswa dibiasakan untuk dapat berpikir kritis dan memecahkan masalah. Penerapan pengetahuan dan konsep ilmiah dalam kehidupan sehari-hari merupakan realisasi dari perolehan pengetahuan di sekolah. Ada beberapa cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis salah satunya melalui keterampilan berargumentasi dalam isu sosiosiantifik. Isu sosiosaintifik merupakan isu yang menggambarkan masalah social masyarakat yang berhubungan dengan suatu konteks konseptual, prosedural dan teknologi terhadap sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan argumentasi siswa pada pembelajaran biologi khususnya mengenai isu sosiosaintifik dalam pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan snow ball sampling. Instrumen yang digunakan menggunakan tes berupa essay dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi siswa menggunakan claim ketika berargumentasi (68%), didukung oleh data (28%), backing (10%), qualifier (5%) sedang presentase kemunculan warrant dan rebuttal (0%). Kemampuan argumentasi siswa paling tinggi berada pada level 3 dengan dominasi pendukung claim terbanyak yaitu data/konsep ilimah dan pengalaman maupun pengamatan pribadi terhadap lingkungan. Kata kunci: Kemampuan Argumentasi, Isu Sosiosaintifik, Biologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30