Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan

Authors

  • Ervina Mukharomah Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Saleh Hidayat Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sapta Handaiyani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Ade Kartika Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.3973

Abstract

Abstrak Penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap nilai mahasiswa Prodi Biologi Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengambil mata kuliah Pengetahuan Lingkungan.  Penelitian ini telah dilakukan di FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Dari hasil penelitian yang diperoleh  sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat nyata di dalam penerapkan model pembelajaran PBL terhadap nilai kognitif mahasiswa yang dilihat dari nilai sebelum diberikan perlakuan dibandingkan nilai yang telah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai Pre-test dan Post-test memiliki nilai signifiansi sebesar 0,530 artinya sig > dari 0,05.   Kata Kunci: Problem Based Learning, Pengetahuan Lingkungan, Pre-test dan Post-test

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30