Pengembangan Modul Integrated Multimedia Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Di SMA

  • miharja jajang STKIP La Tansa Mashiro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul integrated multimedia pada materi sistem eksresi manusia untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA. Penelitian ini berupa Reseach and Depelovment (R&D) berdasarkan model ADDIE. Penilaian validasi ahli menunjukkan nila yang valid diantaranya ahli media nilai rata-rata sebesar 3,46, ahli materi nilai rata-rata sebesar 3.80 dan ahli bahasa nilai rata-rata sebesar 4.13. pada uji coba skala kecil yang di ikuti oleh 25 siswa menunjukkan skor rata-rata 3.76 yang berarti media pembelajaran modul integrated multimedia pada konsep sistem eksresi manusia sangat menarik. Metode eksperimen dilakukan untuk melihat efektivitas dari modul integrated multimedia yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dengan Quasi eksperimen desain. Dengan sampel kelas XI IPA denga pola  pretest  and posttest Control Grup  Desain.  Berdasarkan penelitian di dapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 70,18 dan Posttes sebesar 80,22. Teknik analisis data menggunakan uji-t, melalui SPSS 18 Windows. Berdasarkan penelitian di dapatkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dari pretest dan Posstest yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara skor pretest dan posttest kelas eksperimen menggunakan modul integrated multimedia. Gain yang di dapatkan adalah sebesar 0,62 artinya dengan penggunakaan modul integrated multimedia dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA sebesar 0.62.
 
 
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2020
How to Cite
JAJANG, miharja. Pengembangan Modul Integrated Multimedia Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Di SMA. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1-9, dec. 2020. ISSN 2549-0486. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/3334>. Date accessed: 22 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v5i2.3334.