Pengembangan Modul Integrated Multimedia Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Di SMA

Authors

  • miharja jajang STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v5i2.3334

Keywords:

Modul Integrated Multimedia, Sistem Eksresi  Manusia , R & D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul integrated multimedia pada materi sistem eksresi manusia untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA. Penelitian ini berupa Reseach and Depelovment (R&D) berdasarkan model ADDIE. Penilaian validasi ahli menunjukkan nila yang valid diantaranya ahli media nilai rata-rata sebesar 3,46, ahli materi nilai rata-rata sebesar 3.80 dan ahli bahasa nilai rata-rata sebesar 4.13. pada uji coba skala kecil yang di ikuti oleh 25 siswa menunjukkan skor rata-rata 3.76 yang berarti media pembelajaran modul integrated multimedia pada konsep sistem eksresi manusia sangat menarik. Metode eksperimen dilakukan untuk melihat efektivitas dari modul integrated multimedia yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan dengan Quasi eksperimen desain. Dengan sampel kelas XI IPA denga pola  pretest  and posttest Control Grup  Desain.  Berdasarkan penelitian di dapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 70,18 dan Posttes sebesar 80,22. Teknik analisis data menggunakan uji-t, melalui SPSS 18 Windows. Berdasarkan penelitian di dapatkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dari pretest dan Posstest yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara skor pretest dan posttest kelas eksperimen menggunakan modul integrated multimedia. Gain yang di dapatkan adalah sebesar 0,62 artinya dengan penggunakaan modul integrated multimedia dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA sebesar 0.62.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 06(02), 416–436.

Anderson, RW, Krathwohl DR. 2010. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Long Man.

Ananga, et al (2016). Integrating interactive multimedia into mathematics course modules for distance education. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 12(0), 35–44.

Dwyer, C. (1993). Multimedia in Education. In Educational Media International (Vol. 30, Issue 4). https://doi.org/10.1080/0952398930300402

Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012075

Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). the Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122

Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591

Hosseini, S. B. (2015). Computer-Mediated Communication: Pedagogical and Language Learning Implications. International Journal on New Trends in Education and Their, 6, 20–1309. www.ijonte.org

Ilhan, G. O., & Oruç, S. (2016). Effect of the use of multimedia on students’ performance: A case study of social studies class. Educational Research and Reviews, 11(8), 877–882. https://doi.org/10.5897/ERR2016.2741

Indra Wijaya, H. P. F. (2017). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Studi Kasus SMA Negeri 12 Padang). Jurnal Pendidkan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 104–114.http://lppm.upiyptk.ac.id/pti/index.php/pti/article/view/29

Iskandar, A., Rizal, M., Kurniasih, N., Sutiksno, D. U., & Purnomo, A. (2018). The Effects of Multimedia Learning on Students Achievement in Terms of Cognitive Test Results. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012019

Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive multimedia learning: Innovating classroom education in a Malaysian university. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Li, Y. W. (2016). Transforming Conventional Teaching Classroom to Learner-Centred Teaching Classroom Using Multimedia-Mediated Learning Module. International Journal of Information and Education Technology, 6(2), 105–112. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.667

Madona, A. S., & Nora, Y. (2016). Pengembangan Modul Ips Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 8(2), 221–228. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jp.2016.v8i2.1048

Mata, P., Sistem, K., & Pembelajaran, E. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. 4(2), 57–63.

Mariati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “ Gedutan ” Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Smk - Bm Se- Kota Medan. Seminar Nasional Pendidikan, ISSN : 2503-4855, 173–190.

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134

Patel, C. (2013). Use of Multimedia Technology in Teaching and Learning communication skill”: An Analysis. 2(7), 116–123.

Rithaudin, A., Rithaudin, A., Yogyakarta, U. N., No, J. K., & Yogyakarta, K. (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik ( TGFU ) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan JasmanI. 8 (November).

Sari, W. P., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2020). The Influence of Android-Based Multimedia Modules on Static Fluid Material on Understanding The Physics Concepts of High School Students. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4), 305–314. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i4.3530

Suwindra, I. N. (2015). Pengembangan Modul Software Multimedia Interaktif Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xii Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(1), 13–27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i1.4483

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sweller, J (2005) Implications Of Cognitive Load Theory for Multimedia Learning. In. R. E Mayer (ed).,The Cambride handbook of multimedia Learning (p- 19-30). Cambride University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511816819.003

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sitepu (2012) Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjiono, Anas (2010) Pengantar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: PT Radja Grasindo Persada

Nasohah, U.N., Gani, M. I. B.A., & Shaid, N. B. M. S. (2015). Model ADDIE dalam proses reka bentuk modul pengajaran: Bahasa Arab tujuan khas di Universiti Sains Islam Malaysia sebagai contoh. Makalah disajikan dalam Proceedings of the International Seminar on Language Teaching tanggal 4-5 Februari 2015, di Bangi - Malaysia.

Tan, H. Y. J., Kwok, J. W. J., Neo Dr., M., (2010). Enhancing student learning using multimedia and web technologies: Students’ perceptions of an authentic learning experience in a Malaysian classroom. ASCILITE 2010 -The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 951–9

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.

Zeqiri, N., & Luma, A. (2014). Multimedia learning systems and its implementation for the subject advanced it skills. May.

Downloads

Published

2020-12-31