Analisis Penalaran Ilmiah Siswa pada Penggunaan Media Analog Proses Pembentukan Urine

  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra
  • Devitia Hamsyah Universitas Wiralodra
  • Lian Novita Dewi MAN 1 Indramayu

Abstract

Penalaran ilmiah perlu ditanamkan sejak dini pada tingkat satuan pendidikan abad ke 21 karena siswa harus dapat berperan seperti peneliti. Salah satu acuan dalam menentukan penalaran ilmiah adalah media alat peraga yang dapat membantu dalam pemahaman siswa dengan materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran ilmiah siswa pada penggunaan alat peraga proses pembentukan urin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel 26 siswa di kelas XI MIA 3 di MAN 1 Indramayu. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes essay. Test essay berjumlah 8 soal, masing-masing soal termasuk dalam aspek Integrated, Advented dan Culminating. Data hasil observasi menunjukkan penalaran ilmiah pada aspek integrated skor 73,3 berada pada kategori tinggi, advenced skor 63 berada pada kategori tinggi dan culminating skor 57,8 berada pada katagori sedang. Sedangkan data hasil test menunjukkan penalaran ilmiah pada aspek integrated skor 67 berada pada kategori tinggi, advenced skor 56  dan culminating skor 52,8 keduanya berada pada katagori sedang. Dengan rata-rata hasil observasi dari tiga aspek tersebut menunjukan skor 64,7 berada pada kategori tinggi dan rata-rata hasil test menunjukan skor 56,8 berada pada kategori sedang. Secara keseluruhan kemampuan penalaran ilmiah siswa berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2020
How to Cite
LUZYAWATI, Lesy; HAMSYAH, Devitia; DEWI, Lian Novita. Analisis Penalaran Ilmiah Siswa pada Penggunaan Media Analog Proses Pembentukan Urine. BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 10-15, dec. 2020. ISSN 2549-0486. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/3104>. Date accessed: 22 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v5i2.3104.