Analisis Penalaran Ilmiah Siswa pada Penggunaan Media Analog Proses Pembentukan Urine

Authors

  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra
  • Devitia Hamsyah Universitas Wiralodra
  • Lian Novita Dewi MAN 1 Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v5i2.3104

Keywords:

Media analog, penalaran ilmiah, sistem ekskresi

Abstract

Penalaran ilmiah perlu ditanamkan sejak dini pada tingkat satuan pendidikan abad ke 21 karena siswa harus dapat berperan seperti peneliti. Salah satu acuan dalam menentukan penalaran ilmiah adalah media alat peraga yang dapat membantu dalam pemahaman siswa dengan materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran ilmiah siswa pada penggunaan alat peraga proses pembentukan urin. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sampel 26 siswa di kelas XI MIA 3 di MAN 1 Indramayu. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes essay. Test essay berjumlah 8 soal, masing-masing soal termasuk dalam aspek Integrated, Advented dan Culminating. Data hasil observasi menunjukkan penalaran ilmiah pada aspek integrated skor 73,3 berada pada kategori tinggi, advenced skor 63 berada pada kategori tinggi dan culminating skor 57,8 berada pada katagori sedang. Sedangkan data hasil test menunjukkan penalaran ilmiah pada aspek integrated skor 67 berada pada kategori tinggi, advenced skor 56  dan culminating skor 52,8 keduanya berada pada katagori sedang. Dengan rata-rata hasil observasi dari tiga aspek tersebut menunjukan skor 64,7 berada pada kategori tinggi dan rata-rata hasil test menunjukan skor 56,8 berada pada kategori sedang. Secara keseluruhan kemampuan penalaran ilmiah siswa berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devitia Hamsyah, Universitas Wiralodra

pendidikan biologi

Lian Novita Dewi, MAN 1 Indramayu

guru biologi

References

Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 129–142.

Bunga, Y. N. (2017). Ensiklopedia Fauna, Inkuiri Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Filum Invertebrata. Jurnal Mangifera Edu, 2(1), 50–58.

Charysma, D. V. R. W., Widoretno, S., & Widiastuti, S. (2018). Analisis Konten Konteks Buku Referensi Biologi Materi Sistem Imun Berdasarkan Aspek Pemecahan Masalah Dan Penalaran Ilmiah. 10(2), 295–300.

Coletta, V. P., Phillips, J. A., Savinainen, A., & Steinert, J. J. (2008). Comment on “The effects of students” reasoning abilities on conceptual understanding and problem-solving skills in introductory mechanics’. European Journal of Physics, 29(5), 1–5. https://doi.org/10.1088/0143-0807/29/5/L01

Effendy, S., Mudhofir, F., & Yulianti, I. (2018). Analysis of the implementation of reasoning learning based on the scientific approach in physics learning. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 293–298. https://doi.org/10.15294/jise.v7i2.26570

Han, J. (2013). Scientific reasoning: Research, development, and assessment. The Ohio State University.

Hawes, C. (1991). Biology 2nd edition: NA Campbell. 1990. ISBN 0-8053-1800-3 Benjamin/Cummings Publishing Co. Inc. No longer published by Elsevier.

Hidayat, T. (n.d.). Profil Scientific Reasoning Skill dan Ecology Intelegent Mahasiswa Calon Guru Biologi. SeminarNasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1–7.

Khoirina, M., Cari, C., & Sukarmin. (2018). Identify Students’ Scientific Reasoning Ability at Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012024

Kusumaningrum, R. (2013). Profil Penalaran Permasalahan Analogi Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjuau Dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa, 2(3).

Lissa, L., Prasetyo, A. P. B., & Indriyanti, D. R. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi Dan Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Listiawati, M., & Melina, N. (2020). The Development of Kefir Milk Student Worksheets Based on Free Inquiry On Biotechnology Course. 4(2018), 116–128.

Luzyawati, L. (2016). Implementasi Model Project Based Learning pada Materi Pencemaran Air untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 5(1), 100–109.

Luzyawati, L., & Hidayah, H. (2019). Profil Miskonsepsi Siswa dalam Materi Sistem Ekskresi melalui Penugasan Peta Konsep. Jurnal Mangifera Edu, 3(2), 72–87.

Mariana, N., Siahaan, P., & Utari, S. (2018). Scientific reasoning profile of junior secondary school students on the concept of static fluid. Journal of Physics: Conference Series, 2–6.

Maryuningsih, Y., Hidayat, T., Riandi, R., & Rustaman, N. Y. (2018). Penerapan analogi pada perkuliahan genetika untuk menumbuhkan keterampilan penalaran ilmiah (scientific reasoning). Jurnal Bioedukatika, 6(2), 59. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.9429

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rasyid, A., Gaffar, A. A., & Utari, W. (2020). Efektivitas Aplikasi Mobile Learning Role Play Games (RPG) Maker MV untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 107–115.

Situmorang, R. P., Martiningsih, M., Yuliana, T., Sandalinggi, L., Sari, N., & Tito, B. (2017). Perancangan Alga Purin ( Alat Peraga Pembentukan & Pengujian Urin ) Melalui Manipulasi Cara Kerja Nefron. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017, 121–125.

Sopian, H. (n.d.). Description of Logical Thinking Ability and Concept Hormones Systems in Class XI. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 392–395.

Subkhi, N., Ratnasari, A., & Hamidah, I. (2019). Pengembangan Alat Peraga Media Analog Sistem Peredaran Darah Berbahan Baku Limbah Lokal Indramayu. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 151–160.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. ALFABETA.

Wenning, C. J., & Vieyra, R. E. (2015). Teaching high school Physics. Released on Kindle March, 25, 2015.

Yuningsih, & Susilo, M. J. (2018). Kajian Pendekatan Analogi dalam Pembelajaran Biologi yang Bermakna. BRILIANT Jurnal Riset Dan Konsep, 3(1), 268–279.

Zimmerman, C. (2005). The Development of Scientific Reasoning Skills: What Psychologists Contribute to an Understanding of Elementary Science Learning. Final Report to the National Research Concil, 1–109.

Downloads

Published

2020-12-31