Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA dengan Strategi BuPAcE Berbasis Citizen Science Project
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan IPA melalui penerapan strategi BuPAcE berbasis pendekatan Citizen Science project dalam mata kuliah Mitigasi Bencana. Strategi BuPAcE (Building Community, Project Expedition, Action, Evaluate) dikembangkan untuk menciptakan pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek sebanyak 27 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket yang menilai keterampilan kolaborasi berdasarkan aspek interpersonal dan intrapersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (74%) berada dalam kategori keterampilan kolaborasi sangat kuat, dengan kontribusi tertinggi ditunjukkan pada indikator kontribusi tim dan dukungan terhadap kelompok. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterampilan interpersonal dan intrapersonal (r = 0.981, p < 0.001). Selain itu, analisis dampak menunjukkan bahwa setiap fase BuPAcE berkontribusi terhadap penguatan kolaborasi. Pendekatan Citizen Science project memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam konteks sosial nyata, memungkinkan mereka membangun solusi berbasis data dan pengalaman lapangan. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis BuPAcE dan Citizen Science project mampu membentuk pengalaman belajar yang bermakna dan transformatif, sekaligus memperkuat keterampilan abad ke-21 terutama keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru IPA.Downloads
References
Aripin, I. (2022). Pengembangan program perkuliahan biologi konservasi berbasis citizen science project untuk meningkatkan literasi biodiversitas dan keterampilan meneliti mahasiswa calon guru biologi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Aripin, I., Topik, H., & Nuryani, R. (2021). Knowledge, attitudes, and behavior of prospective biology teachers towards biodiversity conservation in Indonesia. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 10(3), 456–462. https://european-science.com/eojnss/article/view/6255
Bahri, A. (2016). Strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada perkuliahan fisiologi hewan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Bionature: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi, 17(2), 106–113. https://core.ac.uk/download/pdf/161853177.pdf
Dede, C. (2010). Comparing frameworks for 21st century skills. In J. A. Bellanca & R. S. Brandt (Eds.), 21st century skills: Rethinking how students learn (pp. 51–76). Bloomington, IN: Solution Tree Press.
Doyle, E. E. H., Lambie, E., Orchiston, C., Becker, J. S., McLaren, L., Johnston, D., & Leonard, G. (2020). Citizen science as a catalyst for community resilience building: A two-phase tsunami case study. Australasian Journal of Disaster and Trauma Studies, 24(1), 23–49. http://hdl.handle.net/10179/20140
Ekaputri, R. Z., Hidayat, T., Surtikanti, H. K., & Surakusumah, W. (2024a). Disaster mitigation lecture strategy based on citizen science project with a combination of indoor and outdoor activities. Jurnal IPA Terpadu (JIT), 8(3), 402–410.https://www.researchgate.net/publication/388203132
Eliaumra, E., Sumarno, A. H., & Samaela, D. P. (2023). Pengembangan asesmen autentik dengan menggunakan metode Jigsaw untuk mengukur kemampuan kolaboratif dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1), 56–66. https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.8469
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. California: Corwin
Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). A Framework for teachable collaborative problem solving skills. In P. Griffin & E. Care (Eds.), Assessment And Teaching Of 21st Century Skills: Methods And Approach (Pp. 37–56). Springer. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-017-9395-7_2
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative learning in 21st century. Anales de Psicología, 30(3), 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241
Morley, L., & Cashell, A. (2017). Collaboration in health care. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 48(2), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2017.02.071
Napitupulu, C. A., Kartika, A., Rayne, P., & Via, W. R. (2020). Implementasi pembelajaran kolaboratif daring (Online Collaborative Learning) dalam rangka pembentukan dukungan sosial mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2239
Phillips, T., Ferguson, M., Minarchek, M., Porticella, N., & Bonney, R. (2014). User’s guide for evaluating learning outcomes in citizen science. Cornell Lab of Ornithology, Ithaca. https://participatorysciences.org/wp-content/uploads/2018/01/USERS-GUIDE_linked.pdf
Purwanto, M. Ngalim. (2019). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, A., Noor, F., & Chansyanah, D. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa SMA pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 429–443. https://doi.org/10.23960/JIPS
Septikasari, R., & Rendy, N. F. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Tarbiyah Al–Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Tolsgaard, M. G., Kulasegaram, K. M., & Ringsted, C. V. (2016). Collaborative learning of clinical skills in health professions education: The why, how, when and for whom. Medical Education, 50(1), 69–78. https://doi.org/10.1111/medu.12814
Woods, M., Balestrini, M., Bejtullahu, S., Bocconi, S., Boerwinkel, G., Boonstra, M., Boschman, D.-S., Camprodon, G., Coulson, S., Diez, T., Fazey, I., Hemment, D., van den Horn, C., Ilazi, T., Jansen-Dings, I., Kresin, F., McQuillan, D., Nascimento, S., Pareschi, E., Polvora, A., ... Seiz, G. (2018). Citizen sensing: A toolkit. Making Sense. https://doi.org/10.20933/100001112

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.