Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA dengan Strategi BuPAcE Berbasis Citizen Science Project

Authors

  • rendi zulni ekaputri UPI & UNIB
  • topik hidayat
  • Hertien Koosbandiah Surtikanti
  • Wahyu Surakusumah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan IPA melalui penerapan strategi BuPAcE berbasis pendekatan Citizen Science project dalam mata kuliah Mitigasi Bencana. Strategi BuPAcE (Building Community, Project Expedition, Action, Evaluate) dikembangkan untuk menciptakan pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek sebanyak 27 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket yang menilai keterampilan kolaborasi berdasarkan aspek interpersonal dan intrapersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (74%) berada dalam kategori keterampilan kolaborasi sangat kuat, dengan kontribusi tertinggi ditunjukkan pada indikator kontribusi tim dan dukungan terhadap kelompok. Analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterampilan interpersonal dan intrapersonal (r = 0.981, p < 0.001). Selain itu, analisis dampak menunjukkan bahwa setiap fase BuPAcE berkontribusi terhadap penguatan kolaborasi. Pendekatan Citizen Science project memperkuat keterlibatan mahasiswa dalam konteks sosial nyata, memungkinkan mereka membangun solusi berbasis data dan pengalaman lapangan. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis BuPAcE dan Citizen Science project mampu membentuk pengalaman belajar yang bermakna dan transformatif, sekaligus memperkuat keterampilan abad ke-21 terutama keterampilan kolaborasi mahasiswa calon guru IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, I. (2022). Pengembangan program perkuliahan biologi konservasi berbasis citizen science project untuk meningkatkan literasi biodiversitas dan keterampilan meneliti mahasiswa calon guru biologi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Aripin, I., Topik, H., & Nuryani, R. (2021). Knowledge, attitudes, and behavior of prospective biology teachers towards biodiversity conservation in Indonesia. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 10(3), 456–462. https://european-science.com/eojnss/article/view/6255

Bahri, A. (2016). Strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada perkuliahan fisiologi hewan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa. Bionature: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi, 17(2), 106–113. https://core.ac.uk/download/pdf/161853177.pdf

Dede, C. (2010). Comparing frameworks for 21st century skills. In J. A. Bellanca & R. S. Brandt (Eds.), 21st century skills: Rethinking how students learn (pp. 51–76). Bloomington, IN: Solution Tree Press.

Doyle, E. E. H., Lambie, E., Orchiston, C., Becker, J. S., McLaren, L., Johnston, D., & Leonard, G. (2020). Citizen science as a catalyst for community resilience building: A two-phase tsunami case study. Australasian Journal of Disaster and Trauma Studies, 24(1), 23–49. http://hdl.handle.net/10179/20140

Ekaputri, R. Z., Hidayat, T., Surtikanti, H. K., & Surakusumah, W. (2024a). Disaster mitigation lecture strategy based on citizen science project with a combination of indoor and outdoor activities. Jurnal IPA Terpadu (JIT), 8(3), 402–410.https://www.researchgate.net/publication/388203132

Eliaumra, E., Sumarno, A. H., & Samaela, D. P. (2023). Pengembangan asesmen autentik dengan menggunakan metode Jigsaw untuk mengukur kemampuan kolaboratif dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(1), 56–66. https://doi.org/10.23969/biosfer.v8i1.8469

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. California: Corwin

Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). A Framework for teachable collaborative problem solving skills. In P. Griffin & E. Care (Eds.), Assessment And Teaching Of 21st Century Skills: Methods And Approach (Pp. 37–56). Springer. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-017-9395-7_2

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative learning in 21st century. Anales de Psicología, 30(3), 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241

Morley, L., & Cashell, A. (2017). Collaboration in health care. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 48(2), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2017.02.071

Napitupulu, C. A., Kartika, A., Rayne, P., & Via, W. R. (2020). Implementasi pembelajaran kolaboratif daring (Online Collaborative Learning) dalam rangka pembentukan dukungan sosial mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2239

Phillips, T., Ferguson, M., Minarchek, M., Porticella, N., & Bonney, R. (2014). User’s guide for evaluating learning outcomes in citizen science. Cornell Lab of Ornithology, Ithaca. https://participatorysciences.org/wp-content/uploads/2018/01/USERS-GUIDE_linked.pdf

Purwanto, M. Ngalim. (2019). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, A., Noor, F., & Chansyanah, D. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa SMA pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 429–443. https://doi.org/10.23960/JIPS

Septikasari, R., & Rendy, N. F. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Tarbiyah Al–Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Tolsgaard, M. G., Kulasegaram, K. M., & Ringsted, C. V. (2016). Collaborative learning of clinical skills in health professions education: The why, how, when and for whom. Medical Education, 50(1), 69–78. https://doi.org/10.1111/medu.12814

Woods, M., Balestrini, M., Bejtullahu, S., Bocconi, S., Boerwinkel, G., Boonstra, M., Boschman, D.-S., Camprodon, G., Coulson, S., Diez, T., Fazey, I., Hemment, D., van den Horn, C., Ilazi, T., Jansen-Dings, I., Kresin, F., McQuillan, D., Nascimento, S., Pareschi, E., Polvora, A., ... Seiz, G. (2018). Citizen sensing: A toolkit. Making Sense. https://doi.org/10.20933/100001112

Downloads

Published

2025-06-26