Media CARCO (Card Ecology) dalam Pembelajaran IPAS pada Konsep Ekologi Lingkungan di Kelas X SMK Islam Al-Qudsyiah
Keywords:
Media, Pembelajaran Biologi, dan Tripblok Tipe CARCOAbstract
Pengembangan media CARCO yang terbuat dari bahan dasar kardus tebal dan salah satu pengembangan media Tripblok untuk meminimalisir keterbatasan media di sekolah yang memiliki fasilitas rendah dan tidak memiliki akses internet dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media tripblok tipe CARCO (Card Ecology) dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan merupakan R&D, dimana dalam penelitian ini dibatasi pada developmen media CARCO. Media divalidasi oleh 4 tim ahli media, 4 ahli pratisi dan 2 ahli bahasa. Kemudian media di uji responsif pada 20 siswa SMK Islam Al-qudsyiah Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CARCO layak digunakan dalam proses Pebelajaran Biologi dengan skor kelayakan 83%. Dari 20 siswa, 85% siswa menyatakan termotivasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Tripblok tipe CARCO tersebut. 98% menyatakan praktis dan mudah digunakan dan 96% menyatakan media mudah dibuat. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Tripblok tipe CARCO layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai guru sekolah, kita harus mampu mengembangkan media, merancang strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi kelas, kondisi lingkungan sekolah dan materi yang akan disampaikanDownloads
References
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2056
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Karnadi, K., Sasmita, K., Badrudin, B., Palenewen, E., & Solihin, S. (2021). Diamond Touch (DT) based on hyperactive game in applying the concept of life science in early childhood education. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012014
Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598
Nuralisa, S. F., Vitasari, M., Nestiadi, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kokami ( Kotak Kartu Misterius ) Tema Pelestarian Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Development of Learning Media ( Mysterious Card Box ) Environmental Conservation Theme to Improve Cognitive Learning Out. 12(1), 33–48.
Rachmawati, D. (2019). Welcoming gen z in job world ( Selamat datang generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network, IV, 21–24.
Rayungsari, M. (2024). Analisis Kebutuhan Penerapan Media Audiovisual dalam Memfasilitasi Pembelajaran Matematika di SMA Analysis of the Need For the Application of Audiovisual Media in Facilitating Mathematics Learning in High School. Al-Irsyad Journal of Education Science, 3(2), 2828–5468.
Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive Multimedia Effectiveness in Improving Cell Concept Mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.28154
Sasmita, K., Palenewen, E., Karnadi, K., Solihin, S., & Badrudin. (2021). What’s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012028
Solihin, Apriliani, A. S. N., & Jannah, A. N. N. (2025). ROCED: Robot card biology education as a media for biology learning Solihin. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 35–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpbio.v10i1.4227
Solihin, S., & Dedah, D. (2022). Analisis Intention to act dan Motivasi Belajar Siswa Pasca Praktikum Isolasi DNA Sederhana Menggunakan Alat dan Bahan Dapur. 7(2).
Solihin, S., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Relationship between Ecosystem Knowledge and Locus of Control with Intention to Act in MAN on Environment of Sukabumi District. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(4), 1–5. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i4.2529
Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/555
Yatimah, D., Adman, A., Solihin, S., & Syah, R. (2019). Innovation works of critical impact training model based on mass media to improve the capability of environmental critical learning for learners of the critical pedagogics. Journal of Physics: Conference Series, 1402(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/3/033040
Yatimah, D., Puspitaningrum, R., Solihin, & Adman. (2018). Development of Instructional Media Environmental-based Child Blood Type Detector Cardboard (KAPODA) Formal and Informal Education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012236
Yatimah, D., Solihin, S., Adman, A., & Syah, R. (2019). Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult education on environment concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1402(3), 11–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/3/033039
Zahra, F., Wahyudiana, E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 104–112. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.