Penggunaan Alat Peraga Model 3D dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Indra

Authors

  • Fitria Ayu Ramadani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sarwo Danuji Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Fita Fatimah Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran secara umum merujuk pada segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan mendukung proses belajar mengajar. Alat peraga model 3D merupakan salah satu media pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang perlu dijelaskan secara nyata. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA pada materi sistem indra melalui penggunaan alat peraga model 3D. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pra-siklus sebesar 59,1 (30,7%), meningkat menjadi 67,9 (53,8%) pada siklus I, dan mencapai 73,6 (88,4%) pada siklus II. Observasi aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dari 50% dan 41% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Temuan ini menjelaskan bahwa alat peraga model 3D efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi abstrak seperti sistem indra, sekaligus mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga model 3D dapat dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmiyati, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Sd Negeri Praja Taman Sari Dengan Metode Diskusi Pkn Pada Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan. Jurnal Pendidikan Indonesia p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920 Vol. 1 No.

Boruk, M., Maimunah H. Daud, & Yuliana Yenita Mete. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Pgri Gelekat Lewo Boru. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 124–130.

Fahmi, Chamidah, D., Hasyda, S., Muhammadong, Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Yanuarto, W. N., Masfa, M., Tarjo, & wijayanti, A. (2021). Penelitian tindakan kelas: Panduan lengkap dan praktis. https://penerbitadab.id

Irawati, E. (2022). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV Sdn 76 Kota Bengkulu. PhD Thesis. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Kurniasih, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas I SDN 006 Tri Mulya Jaya. Primary, 2016, 5.3: 275-287.

Kurniati, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Mengidentifikasi Kenampakan Matahari pada Pagi, Siang dan Sore Hari Menggunakan Metode Inkuiri pada Peserta Didik Kelas II SDN Jatirahayu VIII, Pondok Melati. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.5, No.2,.

Maharani, L., Hasanah, H. U., Habibah, R. H., & Author, C. (2022). Penerapan Perangkat Pembelajaran Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Application Of Audio-Visual Media Learning Tools To Improve Biology Learning Outcomes. BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi Volume 4 No. 2, 4(2).

Mashudi, A. (2013). Pengembangan Media Model Mata Manusia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Miranda, C. R., Setasi, E. A., & Sunandar, A. (2022). Efektivitas Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.7, No.2, 7(2).

Nababa, C. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Penggunaan Alat Peraga Torso Untuk Siswa Kelas XI Di Sman 12 Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan Vol. 6. No. 1, 6(1).

Putri, R. S. N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mipa C SMAs Darul Hijrah Puteri Martapura Dengan Media Alat Peraga Model Sel. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1).

Rafika Putri, H. (2022). Pembuatan Alat Peraga Biologi Sederhana Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mahasiswa Di Unipar Jember. BIO-CONS, Jurnal Biologi & Konservasi Volume 4 No, 4(1).

Rahma, A., Yulda, & Satibi, A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Alat Peraga Torso Ikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 381–387.

Sidiq, E. I., & Rif’at, C. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 594-601.

Sitepu, Yulia. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Scrapbook Pada Tema 3 Kelas IV Mis Lamgugob Banda Aceh. PhD Thesis. UIN Ar-Raniry.

Zatnika, D. E., & Rochintaniawati, D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Di SMA BPPI Baleendah Kabupaten Bandung Pada Materi Perubahan Lingkungan. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.8, No.1, 8(1).

Downloads

Published

2025-06-26