Analisis Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Metode Praktikum di SMAN 6 Kerinci

Authors

  • Nur Atikah Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Toni Haryanto

Keywords:

Analisis, Keterampilan, Metode Praktikum, Pembelajaran Biologi, Proses Sains

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitianiini adalah untuk melihat tingkat kemampuan keterampilan proses sains siswa pada penerapan praktikum di kelas X di SMA Negeri 6 Kerinci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis keterampilan proses sains pada penerapan praktikum pada siswa kelas X SMAN 6 Kerinci. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitati dengan pendekatan analisys deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas X SMAN 6 Kerinci yang berjumlah 160 siswa.Hasil penelitian menjelaskan bahwa keterampilan prosesisains pada penerapan metode praktikumiBiologi pada siswa kelas X SMAN 6 Kerinci dapat dikelompokkan pada sebanyak 15,41% siswa dengan kemampuan prosesisains dengan kriteria sangat tinggi, sebanyak 61,40% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria tinggi, sebanyak 19,82% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria cukup tinggi, sebanyak 4,41% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria rendah, dan sebanyak 0,80% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria sangat rendah. Sedangkan beberapa indikator keterampilaniproses sains siswa kelas X SMAN 6 Kerinci yang tertinggi terdapatpada indikator mengkomunikasiihasil praktikumidi depan kelas sebesar 66,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, C., Linuwih, S., & Isnaeni, W. (2017). The Effectiveness of Model Learning Preser-X Assisted LKS Against Science Process Skills and Understanding Students Concept. Journal of Primary Education, 6(3), 192–199.

Agustina, dkk, (2021). Keterampilan ProsesiSains dan Sikap IlmiahiSiswa Kelas XI IPA SMA pada Praktikum Biologi. Jurnal Edusains. Vaol 13, No 1, Tahun 2021. ISSN: 2443-1281.

Ansori, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Air Langga University.

Azizah, K. N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2018). Process Skill Assessment Instrument: Innovation to Measure Students' Learning Holistically. Journal of Physics: Conference Series (pp. 1-5). Indonesia: IOP Publishing.

Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Menggunakan E-Modul. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12–21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626

Dewi, Sunariyati, & Neneng, (2016). Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klatenvpada Ditinjau dari KualitasiLaboratirium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum. Jurnal Pembelajaran Biologi, 8 (2), 105-110, ISSN: 2252-6897

Dimyati & Mudjiyono. (2014). Belajar daniPembelajaran. Rineka Cipta.

Fitriana, Kurniawati, dan Utami. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory.Jurnal Tadris Kimia: Vol 4, No 2, Tahun 2019, ISSN: 2527-9637.

Elvansi, Hidayat, dan Fadilah, (2018). Analisis KeterampilaniProses Sanis SiswaiSekolah Menengah. JurnaliInovasi Pendidikan IPA, Vol 4, No 2, ISSN: 2477-4820.

Husna. I. Y, Nursamsu, & Mawardi, (2024). Implementasi Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 7 Langsa. Jurnal Biosfer, J. Bio, & Pend. Bio. 9(2)-2549-0486.

Juraedah, Nasir, dan Fahruddin, (2023). Implementasi PraktikumiBiologi untuk MeningkatkaniKeterampilan Proses SainsiSiswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2, No 3, Tahun 2023. ISSN: 2809-7998.

Karamostafaoglu, S. (2020). Improving The Science Process Skill Ability of Science Student Teacher Using I Diagrams. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38.

Lestari, M. Y. (2018). Keterampilan ProsesiSains (KPS) Pada PelaksanaaniPraktikum Fisika Dasar I. IndonesianiJournal of Scienceiand Mathematics Education Vol. 01 No. 1 , 49-54.

Lepiyanto, (2020). AnalisisiKeterampilan Proses Sains padaiPembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 5, No 2, Tahun 2014. ISSN: 2442-9805.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Munandar, (2016). Penegnalan Laboratorium IPA-Biologi Sekolah. Cetakan ke-1. Bandung: Refika Aditama.

Nurshinta, E. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMAN 1 Labuanhaji. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ozgelen, S. (2020). Students' Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. EurasianJournal of Mathematics, Science and Technology Education, 8(4), 283-292

Patta. B. (2020). Penlaian KeterampilaniProses dan Sikal Ilmiahidalam Pembelajaran Sains SekolahiDasar. Depdiknas.

Putri, Sudarti, dan Prhandono, (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Rantai Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Jurnal Edumaspul. Vol 6, No 1, ISSN: 2548-8201.

Rahmawati, R., Sri Haryani, Kasmui. (2020). Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No. 2.

Ratnasari, D., Sukarmin, Suparmi, & Harjunowibowo, D. (2018). Analysis of Science Process Skill of Summative Test Items in Physics Physics of Grade X in Surakarta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1),34-40

Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatf, Quantitative Reserah Approach. Jogjakarta: Deepublish,

Rustaman, (2019), PerkembanganiPenelitian Pembelajaran BerbasisiInkuiri dalam Pendidikan Sains. ProsiddiniSeminar Nasional II Himpunan IkataniSarjana dan Pemerhati PendidikaniIPA Indonesia Bekerjasama dengan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. hal 9-11)

Rustaman, Y. Nuryani. 2020. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UN PRESS.

Rustaman, Nuryani Y. 2021. Keterampilan Proses Sains. Sekolah Pasca Sarjana UPI

Sari, Supriyanti, dan Dwiyanti, (2019). Analisisi Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Kima dan Pendidikan, Vol 4, No 1, Tahun 2019. ISSN: 2502-4748.

Sari, Auliandari, dan Nawawi, (2020). PelaksanaaniPraktikum pada Pembelajarai Biologi di SMA Negeri BinginiTeluk dengan Analisis Model Reserach. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. Vol 4, No 1, Tahun 2020, ISSN: 2549-5267.

Saputra, Mislinawati, dan Tursinawati, (2024). Analisis Keterampilan Proses Sanin Siswa pada Pelaksanaan Pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 2, No 7, Tahun 2024, ISSN: 3025-1206.

Saputri, A. E., & Djumhana, N. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 35. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.36019

Satriani, Taiyeb, dan Mu'nisa, (2020). Analisis HubunganiPelaksanaan Praktikumidengan Keterampilan ProsesiSains dan Hasil BelajariBiologi Peserta Didik SMAN di Kota Bulukumba. Prosidding SeminariNasional Biologi daniPembelajarannya. hal.141-148

Sudarisman, S. (2018). Pembelajaran Biologi Model PBM Menggunakan LK Terbimbing dan LK Bebas Termodifikasi Ditinjau dari KPS Dan Kemampuan Berpikir Analitis. Prosidingi Seminar Biologi, 9(1), 203– 210. Http://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Prosbio/Article/View/1080)

Sutrisno, Leo, dkk. 2017. Pembelajaran IPA SD. Konsorsium PJJ Departemen Pendidikan Nasional.

Tawil, M., & Liliasari, (2020). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Badan Penerbit UNM.

Ternawati. C, Rahmat. A, Rahman. T, & Kusnadi, (2024). Interactive Digital Teaching Material Konsep Metabolise dalam Meningkatkan Kemampuan Decision Making dan Problem Solving. Jurnal Biosfer, J. Bio, & Pend. Bio. 9(2)-2549-0486

Utami dan Aryani, (2024). AnalisisiKeterampilan Proses Sains Mahasiswaipada Praktikum BiologiiLingkungan Materi Bioindikator Pencemaran Air.Jurnal PendidikaniBiologi dan Sains, Vol 7, No 1, Tahun 2024. ISSN. 2598-7453

Yeni. S, (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biolohi. Jurnal Bioeducation, 2(1).

Yulisna. G, Angela. L, Pranata. O. D, (2024) Analisis Peer Influence dalam Pembelajaran dan Korelasinya dengan Kinerja dan Motivasi. Jurnal Biosfer, J. Bio, & Pend. Bio. 9(2)-2549-0486

Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2020). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Fluida Statis Kelas X SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 (pp. 5-10). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2025-06-26