Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Penerapan Metode Diskusi di MAN 1 Kerinci
Abstract
Studi awal menemukan fenomena bahwa kemampuan komunikasi siswa masih lemah. Fenomena tersebut terlihat dari kelemahan siswa dalam menyampaikan pesan dengan jelas, kurang fokus dalam menyimak/ mendengarkan penjelasan guru, dan kurang memberikan umpan balik. Tujuanipenelitian ini adalahiuntuk menganalisisiketerampilan komunikasiisiswa kelas X di MAN 1 Kerinci melalui penerapan metode diskusi.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan desain kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara yang melibatkan 140 siswa kelas X MAN 1 Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator menyampaikan pesan yang jelas dengan presentase 65% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator mendengarkan dengan persentase 61,4% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator mendengarkan dan mendapatkan umpan balik dengan presentase 62,9% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator menangani interaksi emosional dengan persentase 57,9% dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Biologi.Downloads
References
Widyaningsih, Rohmani. L.A, & Chaeroh. M, (2024). Analisis Penerapan Metode diskusi dalam Menumbuhkan Keterampilan Komunikasi pada Materi Keutuhan NKRI Siswa Kelas V MI Ma'hadul Mutaalimin Katerban. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner. 8(2118-7302).
Wulansari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572
Yamin. M &iAnsari. B, (2012). TaktikiMengembangkan KemampuaniSiswa IndividualiSiswa. GaungiPersada Press.
Zarkasi, (2015). BelajariCepat dengan MetodeiPengajaran Efektifidi Kelas. Indah Publisher.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.