Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Berbantuan Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Respirasi

Authors

  • Dita Agustian Universitas Pasundan
  • Ai Kristina Setiawati Siliwangi University
  • Mufti Ali Siliwangi University

Keywords:

Media Pembelajaran, Flipbook, Augmented Reality, Literasi Digital, Hasil Belajar

Abstract

Era society 5.0 memberikan peluang untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran, terutama penggunaan media pembelajaran berbasis digital, saat ini masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Proses pembelajaran akan berjalan efektif ketika guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman, selain itu penggunaan media yang tepat, sehingga hasil dari proses pembelajaran tercermin dalam hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran flipbook berbantuan augmented reality terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI. Sampel penelitian yaitu XI.3 sebagai kelas eksperimen dan  XI.5 sebagai kelas kontrol, dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep berbentuk soal majemuk. Analisis data menggunakan uji t independent dan uji effect size. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05,  uji effect size 1,561 yang termasuk ke dalam efek besar, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook berbantuan augmented reality efektif terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching anda Assessing a revision of Bloom`s taxonomy of educational objectives.

Aryanti, F., Tresnawati, C., Nurkanti, M., & Suhaerah, L. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi 3D (Vet & Skeleton Anatomy) Sistem Rangka Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(2), 134–139.

Atut, R. (2023). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air Kelas V Sdn Bugangan 01. Indonesian Journal of Elementary …, 3(24), 263–274. https://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes/article/view/17148%0Ahttps://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes/article/download/17148/7494

Gotriansyah, K., & Winarni, E. W. (2021). Analisis Buku Tematik Siswa Muatan IPA Ditinjau Dari Dimensi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognisi (Studi Deskriptif Materi IPA Tema 6 Dan 7 Kelas VI SD) Endang Widi Winarni. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 349–362.

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478

Lestari, G., Rindengan, M. E., & Mandey, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook dalam Literasi Digital Di Kelas 3 SD SMIM 1 Tomohon. 5(2).

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edukasi Dan Sains, 3.

Mila, N., Jumrodah, & Fadillah, A. Z. (2023). Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 8(1), 30–37. https://doi.org/10.24905/psej.v8i1.170

Miranda, R. C., Setiadi, A. E., & Sunandar, A. (2022). Efektivitas Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(2). https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i2.6396

Parish, L., & Guilford, J. P. (1957). Fundamental Statistics in Psychology and Education. In British Journal of Educational Studies (Vol. 5, Issue 2, p. 191). https://doi.org/10.2307/3118885

Purwaningsih, T., Hidayat, N., Nugroho, A. S., & Robiyanti, R. R. (2023). Urgensi Literasi Digital untuk Generasi Milenial di Era Society 5.0. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat, 1(3), 132–139. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.421

Reski, D. P. (2024). Paradigma Perkembangan Pendidikan Dasar Indonesia dalam Era. 07(01), 6628–6636.

Rosyid, A., & Mubin, F. (2024). Pembelajaran Abad 21: Melihat Lebih Dekat Inovasi Dan Implementasinya Dalam Konteks Pendidikan Indonesia. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586

Saputra, N. E., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flipbook terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SDN 2 Kuanyar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 317–327. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.701

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Syahid, M., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024). Efektifitas Pembelajaran IPA Berbasis Augmented Reality Di Sekolah Dasar. 163–178.

Tohir, A., Handayani, F., Sulistiana, R., Wiliyanti, V., Arifianto, T., Husnita, L., & Siswa, P. (2024). ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN. 7, 8096–8102.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-06-26