Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kingdom Monera dan Protista Kelas VII SMP
Keywords:
Kingdom Monera dan Protista, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Pop up BookAbstract
Materi kingdom monera dan protista bersifat abstrak dan sulit dipahami siswa, terutama di sekolah dengan fasilitas terbatas, karena sulit untuk divisualisasikan, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pop up book pada materi kingdom monera dan protista serta mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Teknik pengumpulan data meliputi lembar validasi dan tes. Analisis data mencakup validitas media dan tes, reliabilitas tes, serta uji efektivitas media menggunakan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop up book layak digunakan dengan hasil validasi sebesar 87,5% oleh ahli bahasa, 80% oleh ahli materi, dan 90% oleh ahli media. Rata-rata nilai pretest sebesar 31,7 meningkat menjadi 86,7 pada posttest, dengan skor N-Gain 0,80 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pop up book dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, serta terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kingdom monera dan protistaDownloads
References
Bachrum, H. F., Suranta, S. P. E., & Lestari, I. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran 3D Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera dan Protista Berbasis Desktop untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Komputer Terapan, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.35143/JKT.V5I1.2127
Buyung, Wahyuni, R., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A. 5(1), 46–51.
Dewantara, A. H., Amir B, & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index
Dewi, S., & Ibrahim, H. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 130–136.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Journal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2.
Firmansyah, A. L. (2017). Pengembangan Media Pop Up Ornamen Klasik dalam Mata Pelajaran Dasar Kekriyaan di SMK Negeri 1 Dlingo [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Gayatri, D. A., Novarman, A. M. J., Sianturi, L. J., Ristanto, R. H., & Isfaeni, H. (2024). Pengembangan Self-Assessment denggan Metode Traffic Light Code (TLC) pada Pembelajaran Biologi. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(1), 108–118. https://doi.org/10.23969/BIOSFER.V9I1.15640
Hasanah, N., Wardani, A. A. K., & Prasiska, E. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Hukum Dasar Kimia Untuk Siswa Kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.31602/DL.V6I2.11931
Maisaroh, D. (2023). Pengembangan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas XI SMA [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Maulida, A. S., & Wahyudin. (2025). Representasi Digital dan Pendalaman Konsep Matematis dalam Pembelajaran Matematika SD: Studi Kualitatif di Tiga Sekolah Dasar di Jawa Barat. 12(1), 144–160. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/index
Munawarah, M., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2023). Pengembangan Handout Keragaman Koloni Bakteri pada Rizosfer Pohon Kelapa Sawit di Lingkungan Lahan Basah. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(2), 96–105. https://doi.org/10.23969/BIOSFER.V8I2.10837
Putri, D., & Sunaengsih, C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Pecahan Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 9(1), 1–6.
Rambe, R., Purba, T., Hasanah, N., Khairani, A., Alwi, M., & Rahman, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Pop-up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di SDN 107430 Galang. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 104–110. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.1315
Rosyadi, R. N., Ibrahim, M. B., Sarwi, Wardani, S., & Doyin, M. (2024). Studi Literatur: Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3365–3378. https://jurnaldidaktika.org
Safri, M., Sari, S. A., & Marlina, M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR POP-UP BOOK PADA MATERI MINYAK BUMI. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/8431
Sari, L. P. (2024). Validitas Pop-up Book sebagai Media Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 152–161. https://doi.org/10.36312/educatoria.v4i4.320
Sofiyan, A. (2022). Pengaruh Media Biologi Ular Tangga (Biolarga) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Materi Binomial Nomenklatur [Skripsi]. Universitas Tidar.
Sufiharti, S. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MI Syafiiyah Kembangarum Tahun Pelajaran 2021/2022 [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Syafa’atun, & Nurlaela. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 430–436. https://doi.org/10.5281/zenodo.7180813
Utami, Y., Rasmana, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2), 21–24.
Woa, A. S., Dhiu, & Oka, G. P. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini di Paud Terpadu Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan Anak (JCPA), 1(1), 159–171. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.