Sikap Peduli Lingkungan Siswa Terhadap Pelaksanaan Program Adiwiyata Di SMP Negeri 11 Kota Bekasi

Authors

  • Shezy Angelita Butar-Butar Universitas Kristen Indonesia
  • Sunarto Universitas Kristen Indonesia
  • Riska Septia Wahyuningtyas Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

Adiwiyata, Lingkungan, Sikap, Peduli

Abstract

Permasalahan lingkungan hidup seperti  kurangnya kepedulian terhadap kebersihan masih menjadi tantangan yang  sering ditemukan di lingkungan sekolah. Pendidikan lingkungan menjadi upaya penting untuk menanamkan sikap peduli lingkungan sejak dini. Salah satu wujud nyata dari pendidikan lingkungan di sekolah adalah melalui program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan menjelaskan sikap peduli lingkungan siswa melalui pelaksanaan program Adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 11 Kota Bekasi sudah efektif dengan mematuhi seluruh komponen buku pedoman Adiwiyata. Sikap peduli lingkungan siswa dapat dilihat berdasarkan dari lima indikator. Hasil dari sikap peduli lingkungan siswa menunjukan kategori baik hingga sangat baik. Pada indikator memelihara kebersihan serta kelestarian lingkungan sekolah (92,60 %) dan pengelolaan sampah (81,04 %), diikuti penghijauan (76,17 %) dan kebersihan kelas (70,69 %). . Hal ini mencerminkan keberhasilan program dalam menanamkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap kebersihan serta kelestarian lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 40.

Arham, R., Syahnas, F., Rizky, A., & Adha, N. (2023). Penanaman Tanaman Obat Di Lingkungan Sekolah Untuk MeningkatkanPengetahuan Siswa Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Lepa-Lepa Open, 3(3), 508–512.

Azizah, W. N., Pranadita, D. H., Mitsaini, F., Kurniawati, W., & Husna, A. Al. (2024). Mendorong Pertumbuhan Sikap Kerja Sama dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Piket Kelas Dalam Memelihara Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Imeij, 5(4), 5169–5177.

BPS. (2018). Laporan Indeks Ketidakpedulian Lingkungan Hidup. Jakarta: BPS RI

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan. Jurnal Modul, 18(2), 75.

Fridantara, A. S. (2015). Implementasi Program Adiwiyata Di SMA Negeri 2 Klaten. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Hadini, B. C., & Indrojarwo, B. T. (2021). Perancangan Kampanye Media Sosial Instagram ‘Youthoffers’ sebagai Channel Informasi Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2), 191–196.

Hamzah, A. H. P., Nurhasanah, N., & Soemarwoto, R. (2022). Model Pemanfaatan Air di SMPN 28 Bandung sebagai Peraih Penghargaan Adiwiyata di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1695–1699.

Hasibuan, S. (2022). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Sma Swasta Widiya Dharma Provinsi Sumatra Utara (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository. uin-suska.ac.id/60145/

Hastuti, K. P., Muranti, H., & Normelani, E. (2015). Sikap Siswa Terhadap Kepedulian Lingkungan Di SMPN 3 Banjarmasin Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(48), 56–65.

Ilham, M., Fauzi, R., Naila, I., Dian, K., & Afiani, A. (2024). Perilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar : Studi Kualitatif Deskriptif. Journal of Primary and Children’s Education, 7(2), 157–169.

Istiqomah, K. A. (2023). Penerapan Program Sekolah Adiwiyata Dalam Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Di SD Negeri 1 Kunden Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. (Skripsi, UIN Raden Mas Said). https://eprints.iain-surakarta .ac.id/5902/1/

Izun, T. A. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Adiwiyata Di Man Asahan Kabupaten Asahan. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).https ://doi.org/10.30821/hijri.v10i2.11259

Manurung. (2016). Persepsi dan partisipasi siswa sekolah dasar dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, I(10), 22–34.

Muna, N. N. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata Terkait Pengelolaan Sampah Plastik Melalui 3R. Journal Praniti, I(1), 1–7.

Nuraeni, S. A. (2024). Implementasi Karakter Peduli Sosial Di Sekolah. Jurnal EduCurio, 2(3), 376–385.

Sunarto. (2023). Environmental Literacy and Care Behavior Through Adiwiyata Program at Elementary School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15, 3040–3050.

Temi, N. P., Rahardjanto, A., & Hudha, A. M. (2024). ( Studi Literatur ) Pengaruh Model Pembelajaran OIDEE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 9(1), 98–107.

Thote, P., & S, G. (2020). Green School Practices: a Potential Tool Towards Sustainable Development. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 8(6), 63–70.

Wahyuningtyas, R. S., Simanjuntak, F. N., Silalahi, M., & Ratnapuri, A. (2021). Developing Learning Module Based On Local Wisdom To Improve Environmental Care Attitudes. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(11), 1005–1014.

Yulisna, G., Angela, L., & Pranata, O. D. (2024). Analisis Peer Influence dalam Pembelajaran dan Korelasinya dengan Kinerja dan Motivasi. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 9(2), 126–135.

Downloads

Published

2025-06-26