Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMAN 4 Kupang

Authors

  • AGUSTINUS SALEMA UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG
  • Agus Maramba Meha Universitas Kristen Artha Wacana
  • James Ngginak Universitas Kristen Artha Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.20026

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis literasi sains yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam mempelajari biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan yaitu 1) Define 2) Desain 3) Development 4) Dessminate. Rangkaian tahapan tersebut meliputi validasi ahli (ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi), uji coba kelompok keci dan uji coba kelompok besar. Hasil validasi produk E-LKPD berbasis literasi sains oleh ahli media yaitu sebesar 100%, ahli bahasa sebesar 85,71%, ahli materi sebesar 92,85%, uji coba kelompok kecil sebesar 88,28%, uji coba kelompok besar sebesar 85,80%. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi, dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis literasi sains dikatakan valid dan layak di gunakan sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Scince and Integration, 3(1), 87-105

Apriyani & Mulyatna. 2021. Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras Volume 2 Nomor 1 Halaman 491-500.

Ayuni, Q., Dan Tressyalina. 2020. Analysis Of Needs of E-LKPD Based on Contextual Teaching And Learning (CTL) In Linearlearning For Exposition Text Materials. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Educatution (ICLLE 2020)(pp.279283).ATLANTISPRESS.

Fitriani, A., Ningsi, F., Sarnita, F. (2023) ). Pelatihan Prototype IPA dan Kalkulator AI (Artificial Intelligence) Guru SLB Meningkatkan Literasi Sains dan Numerasi. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 797806.

Isnawati W., dan T. Purnomo. 2017. “Validitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Pada Kelas X SMA”. Jurnal bioedu. Vol, 6(3).

Khikmiyah, F. 2021. Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy. 6(1). Hal 1-15.

Khikmah, N., & Susantini, E. (2019). Kelayakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) literasi sains pada materi Sistem Pencernaan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi(BioEdu),8(3).

Kristyowati, R., dan Purwantto, A. 2019. Pembelajaran Literasi Sains Melalui Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 9(2): 183-191.

Narulita, Fania. 2019. Pengembangan LKPD Daera Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 4 Kalibaru Manis Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Jember:UniversitasJember.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sians Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.

Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616.

Downloads

Published

2024-12-31