PENERAPAN MODEL PBL PADA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v1i1.198Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Bandung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X, Objek penelitian ini adalah (1) model PBL; (2) kemampuan berpikir kritis siswa; sikap siswa terhadap pelajaran Biologi; 3) kemampuan menerapkan konsep Biologi; dan (4) kemampuan memecahkan masalah Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Penelitian masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan penelitian; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi/ evaluasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan siklus I 23,80% siswa belum tuntas. Hal ini disebabkan siswa yang sebelumnya belum pernah mengikuti pelajaran dengan model ini, yang menuntut siswa benar-benar mandiri dan aktif dalam menggali materi pelajarannya. Sedangkan ketuntasan klasikal 91,64 %. Hal ini disebabkan oleh kelas X MIA 6 merupakan kelas dengan siswa yang yang memiliki kemampuan akademis lebih baik berdasarkan atas masukannya. Pada siklus II, kedua kelas menunjukkan ketuntasan klasikal sangat baik (95,71 % dan 98,64 % dengan rerata 80,12 dan 83,43). Hal ini berarti, setelah siswa belajar lebih dari 1,5 bulan di siklus I, siswa telah mampu mengikuti pelajaran dengan model PBL ini. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa, dengan menerapkan model PBL dalam pelajaran Biologi, pemahaman konsep Biologi kelas X MIA 5 dan kelas X MIA 6 meningkat. Kata kunci: Penelitin Tindakan Kelas, PBL, Berpikir KritisDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-08-31
Issue
Section
Articles