Implementasi Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 7 Langsa

Authors

  • Isnani Yatul Husna Universitas Samudra
  • Nursamsu Universitas Samudra
  • Abdul L. Mawardi Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.19453

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran CORE, Sistem Pencernaan.

Abstract

Banyak faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, terutama pada model pembelajaran yang digunakan. Pada penelitian ini peniliti menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Pokok permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh hasil siswa dalam menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Exending (CORE). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 10,3242 > 2,704. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan hasil rata-rata nilai N-gain sebesar 0,58 dan kriteria peningkatan hasil belajar yaitu 58% pada kategori cukup efektif. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hail belajar siswa yang signifikasi dari penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, N. N. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hambali, & Dahliati. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Genesis Indonesia, 2(01), 13–19. https://doi.org/10.56741/jgi.v2i01.218

Hidayat, M. Y., Lesmanawati, I. R., & Maknun, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Etending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciwaringin. SCIENTIAE EDUCATIA, 3, 111–124.

Nurhafni, N., Azmi, J., & Herdini, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kelarutan (Ksp) Di Kelas Xi Ipa Sman 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 4(1), 61. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i1.7088

Nursaadah, S. (2019). Penerapan model problem based learning untuk meningkatan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa pada submateri pengukuran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(2), 66–71. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Pramita, P. (2015). MODEL PEMBELAJARAN C ONNECTING , ORGANIZING , REFLECTING , EXTENDING UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI. 1, 101–106.

Prima, B., Hermuttaqien, F., Aras, L., & Indah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22.

Satryawan, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting-Organizing -Reflecting-Extending ( CORE ) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP N 16 Kerinci Program Studi Pendidikan Ekonomi. Artikel Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 1–16.

Supardi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Min Salekoa Kab. Jeneponto. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.

Wardika, K. W., Udy Ariawan, K., Putu, I., & Arsa, S. (2017). Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Meningkatkan Hasil Aktivitas Belajar Perakitan Komputer Kelas XTKJ2. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 127–136. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20856

Wati, K., Hidayati, Y., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE ( CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(2), 108–116.

Downloads

Published

2024-12-31