Penerapan Model Inkuiri Berbasis Etnobiologi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMPN 11 Satarmese
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i2.19411Keywords:
Model Inkuiri, Berbasis Etnobiologi, Hasil Belajar , Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inkuiri berbasis etnobiologi terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 11 Satarmese. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini pre-experiment one group pretest-post-test. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 11 Satarmese, sedangkan variabel bebas adalah model inkuiri berbasis etnobiologi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 peserta didik yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII – IX. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 26 peserta didik yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa hasil belajar peserta didik yang terdiri dari aspek kognitif. Analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan program bantuan SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model inkuiri berbasis etnobiologi berpengaruh terhadap hasil belajar pesera didik kelas VII SMP Negeri 11 Satarmese. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test peserta didik. Hasil belajar kognitif setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan sebesar 85,49. Uji hipotesis hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menunjukan bahwa nilai signifikan<0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau ada pengaruh penerapan model inkuiri berbasis etnobiologi terhadap hasil belajar IPA SMP Negeri 11 SatarmeseDownloads
References
Alencia, Pujha, and Syamsurizal Syamsurizal. 2021. “Meta-Analisis Validitas Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Suplemen Bahan Ajar Ipa Kelas Vii Smp.” Bio-Pedagogi 10(1):8. doi: 10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916.
Dewi, Chintia et al. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Laju Reaksi.” Journal of Natural Science and Integration 3(2):196. doi: 10.24014/jnsi.v3i2.9100.
Elvadola, Connyta et al. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 4(1):31–38. doi: 10.52217/pedagogia.v4i1.732.
Fabiana Meijon Fadul. 2019. Keanekaragaman Hayati Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Untuk SMA/MA.
Finowaa, Anikhila. 2023. “Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Saraf Untuk Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Lahusa.” TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi 4(2):1–13. doi: 10.57094/tunas.v4i2.1041.
Ginanjar, Rendi. 2019. “Kajian Tentang Ekologi Dan Ekosistem Keanekaragaman Serangga Ordo Homoptera.” Fkip Unpas 1935:7–31.
Herdiana, Lilis Eka et al. 2021. “Studi Analisis Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Sains.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 10(2):87. doi: 10.20961/inkuiri.v10i2.57247.
Herdianty, Rifka et al. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar.” Jurnal UNM (i).
Jesisca, Jesisca et al. 2023. “Eligibility of the Conservation Education Guidebook for Senior High School.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 11(2):421–36. doi: 10.24815/jpsi.v11i2.29081.
Kusumayanti, G. A. Dewi et al. 2014. “DIET MENCEGAH DAN MENGATASI GANGGUAN ASAM URAT.” Jurnal IImu Gizi 5(4):467–68.
Laia, Amilina. 2023. “PERAN GURU PPKn SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMANDRAYA.” 4(2):16–29.
Miranda, Yula. 2020. “Inovasi Pembelajaran Biologi Materi Morfologi Tumbuhan Berbasis Etnobiologi Bagi Peserta Didik.” Wahana-Bio: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 12(1):21. doi: 10.20527/wb.v12i1.9557.
Ngare, Ferdinandus. 2014. “Ritual Congko Lokap Dan Penti Sebagai Media Komunikasi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1(1):40–50.
Nurjannah, Nurjannah et al. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asia Selatan ‘Media Film’ Berbasis PJBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3(3):165–71. doi: 10.54371/ainj.v3i3.170.
Puspitasari, Yesi, and Siti Nurhayati. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 7(1):93–108. doi: 10.47668/pkwu.v7i1.20.
Qomaliyah, Eka Nurul et al. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga.” Jurnal Pijar Mipa 11(2):105–9. doi: 10.29303/jpm.v11i2.111.
Resmini, Wayan, and Fridolin Mabut. 2020. “Upacara Penti Dalam Masyarakat Kampung Rato Di Kabupaten Manggarai.” CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 8(2):61. doi: 10.31764/civicus.v8i2.2862.
Sunariyati, Siti et al. 2018. “Pengaruh Praktikum Biologi Berbasis Etnobiologi Terhadap Pemahaman Konsep Materi Biologi Dan Pelestarian Budaya Lokal.” Proceeding Biology Education Conference 15:524–31.
Trisnawati, Wiwin et al. 2019. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing.” Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi 7(1):43. doi: 10.25134/edubiologica.v7i1.2397.
Ulfa, Juliah Sri. 2016. “Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI MTS Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang.” 1–23.
Yunikson, Yefri, and I. Wayan Pantiyasa. 2018. “Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Wae Rebo Sebagai Sebuah Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Ilmiah Hospitality Management 7(2):159–72. doi: 10.22334/jihm.v7i2.34.
Zulfa, Easy et al. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Dan Outcome Based Education Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Siswa Di SMAN 7 Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2b):559–64. doi: 10.29303/jipp.v7i2b.559.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.