PENGGUNAAN MEDIA FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1889Keywords:
Kata kunci: hasil belajar, media fotonovela, kerusakan lingkunganAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep kerusakan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu true exsperiment dengan populasi seluruh kelas X IPA sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 213 orang. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu SMA di kabupaten Ciamis. Sample diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes pilihan ganda berjumlah 42 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anacova dengan 0,05. Uji anacova menunjukan corrected model sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukan ada pengaruh media fotonovela terhadap hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada hasil belajar dikelas eksperimen dalam kategori sedang.Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Arista, Rahayu dkk. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Fotonovela Berbasis Kearifan Lokal”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika. ISSN: p-2339-0654 e-2476-9398. Universitas Negeri Jakarta.
Rusman.(2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Muktiasari Erna, et.al. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Fotonovela Keanekaragaman Hayati Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa”. Unnes Science Jornal.ISSN: P-2252-6617 e- 2502-6232. Universitas Negeri Malang.
Sari, Nuraini Rizki. (20117). “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Fotonovela Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa KelasVIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Umam, Khoirul. (2018). “Pengaruh Media Picture Story Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Biologi” Volume 15. Univeritas PGRI Ronggolawe.
Siswoyo. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Soebroto, Tjahayo. Pengaruh Media Visual di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Universitas Negeri Semarang.
Zuhdi, Maulana Dian. (2014). Efektifvitas penggunaan fotonovela Materi Pokok Virus Sebagai Media Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMA N 8 Semarang. Skripsi: Insitut Agama Islam Negeri Walisongo
Sari, Widia Ratna. Dkk. (2013). “Penerapan Model Pmbelajaran Problem Solving dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar”. Malang: Universitas Negeri Malang.