Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Materi Psikotropika

Authors

  • Yulia Rosdiana Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1741

Keywords:

problem based learning, sikap ilmiah, hasil belajar, psikotropika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada sub materi psikotropika di kelas XI MIPA SMA Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes sikap ilmiah berupa angket dengan 16 pernyataan dan tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 33 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analysis of Covariance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa dengan ukuran efek 0,470 yang sedang. PBL juga memiliki pengaruh signifikan dan efek sedang terhadap hasil belajar, ukuran efeknya adalah 0,331.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Herson. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. 8(2). Mei. Jurnal Pelangi Ilmu.

Asnaeni, L.l., dan Atmojo, I.R.W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran IPA Siwa Sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(5).

Farzad, Akbaryan. (2013). Effect Size. University of Alberta, Canada.

Hmelo-Silver, C.E dan Barrows, H.S. (2006). Goals and Stategies of a Problem-based Learning Facilitator. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1).

Muslim, I., Halim, A., dan Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 35-50.

Nafisa, Dian dan Wardono. (2019, Februari). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol.2, pp. 854-961).

Nadjamuddin, Lukman dan Ibrahim, Anna Sylvia. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA 1 Palu. Katalogis, 5(4).

Utomo, Dwiyono Hari dan Herzon, Budijanto.(2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengenbangan, 3.(1), 42-46.

Downloads

Published

2019-06-28