Pengembangan Self-Assessment denggan Metode Traffic Light Code (TLC) pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Dyah Ayu Gayatri Universitas Negeri Jakarta
  • Avarha Mahaputri Jasmine Novarman universitas Negeri Jakarta
  • Lidya Juliven Sianturi universitas negeri jakarta
  • Rizhal Hendi Ristanto Universitas Negeri Jakarta
  • Hanum Isfaeni Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar Biologi, Model ADDIE, Penilaian Mandiri, Sistem Reproduksi, Traffic Light Code

Abstract

Kemampuan setiap individu dalam memaknai pembelajaran berbeda-beda. Diperlukan adanya sentuhan personalisasi dalam mengukur tingkatan pemahaman peserta didik yang sesuai dengan levelnya melalui asesmen diferensiasi. Salah satu bentuk asesmen diferensiasi adalah penilaian diri. Penilaian secara mandiri dinilai penting dalam memahami kebutuhan diri sendiri melalui serangkaian pembelajaran serta evaluasi diri pada pembelajaran biologi. Salah satu metode penilaian diri adalah dengan Traffic Light Code (TLC). Asesmen diri dengan metode Traffic Light Code (TLC) menggunakan tiga warna lampu lalu lintas: Merah, kuning, dan hijau untuk mengindikasikan kemampuan pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) yang bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian diri menggunakan metode TLC pada materi sistem reproduksi melalui hasil belajar biologi pada peserta didik SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model ADDIE dalam pengembangan rubrik penilaian diri menggunakan metode TLC dinilai sesuai dikarenakan peserta didik tidak hanya mampu memahami konsep belajar biologi, namun juga memahami konsep diri akan kebutuhan dan kelebihan yang dimiliki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model ADDIE dalam pengembangan rubrik penilaian diri mampu meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik SMA pada materi sistem reproduksi manusia melalui konsep pengenalan dan pemahaman diri pada penilaian diri dengan metode Traffic Light Code.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelo, A. T., and Cross, K. P (1993). Classroom Assessment Techniques: A Handbook for Collage Teachers. San Francisco: Jossey-Bass Publishers

Alwi, A., and Kamis, A. (2019). Using the ADDIE model to develop a green skills teaching module. International Journal of Engineering Research and Application, 9(1), 53-57.

Andrade H.L (2019). A Critical Review of Research on Student Self-Assessment. Front. Educ. 4:87. doi: 10.3389/feduc.2019.00087

Baxter, C. (1997). Race equality in health care and education. Balliere Tindal.

Bedford (2021) Evaluating confidence in information literacy: A red/amber/green approach. Journal of Information Literacy 15(1). http://dx.doi.org/10.11645/15.1.2833.

Broadbent, J., and Poon, W.L. (2015). Self-regulated learning strategies and cademic achievement in online higher education learning environments: A systematic review. Internet and Higher Education, 27(April 2015), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.04.007

Brown, G.T.L., Harris, L.R. (2014). The future of self-assessment in classroom practice: reframing self-assessment as a core competency. Frontline Learning Research, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.14786/flr.v2i1.24

Cruickshank, D.R., Deborah B.J. and Kim, K.M. (2006). The Act of Teaching.New York: McGraw Hill. Depdiknas. 2003. Undang undang RI nomor 20 tahun 2003. Sistem pendidikan nasional.

Dunkin, M.J., and Biddle, B.J. (1974). The study of teaching. Holt Rinehart and Winston.

Haile, L., Gallagher, M., and Robertson, R.J. (2015). Perceived exertion laboratory manual: From standard practice to contemporary application. Springer.

Hearn, J., and McMillan, J.H. (2008). Student Self-Assessment: The Key to Stronger Student Motivation and Higher Achievement. Educational Horizons, 87(1), 40–49.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan- Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi. 2022. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan: Jakarta.

Lesmana, N. and Rokhayati, U. (2020). The Implementation of Doing Self-Assessment in Higher Education. Journal of English Language Studies, 5(1), 60-72.

Kristinsdottir, S B. Constructivist Learning Theory November 2001.

Munna, A.S. (2021). Self-control using Traffic Lights Toolkit for Academic Success. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(12), 93–95. https://doi.org/10.14738/assrj.812.11352

Nash, R., Stupans, I., Chalmers, L. and Brown, N. (2016) Traffic Light Report provides a new technique for Assurance of Learning. Journal of Learning Design, 9(1), 37.

Panadero, E., Brown, G.T.L. and Strijbos, J.W. (2016). The Future of Student Self-Assessment: a Review of Known Unknowns and Potential Directions. Educational Psychology Review, 28(4), 803–830. https://doi.org/10.1007/s10648015-9350-2

Pernantah, P.S., Rizka, M., Handrianto, C., and Syaputra, E. (2022). Inovasi bahan ajar pendidikan IPS berbasis digital flipbook terintegrasi local wisdom dalam menunjang perkuliahan jarak jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136145.https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2 14886

Purmanah, N. I., Nuryana, Puspitasari, E. (2017). Penerapan Self-Assessment untuk Menumbuhkan Kesadaran Siswa tentang Makna Belajar pada Mata Pelajaran IPS di MTs Sabilul Chalim Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Jurnal Edueksos, 6(1), 65-80.

Ramadhani, D., Kenedi, A.K., Rafli, M. F., and Handrianto, C. (2022). Advancement of STEM-Based Digital Module to Enhance HOTS of Prospective Elementary School Teachers. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 981–993. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202245

Sridailani, Sherly., Azza, N.P., and Nevrita. (2018). Analisis Pengembangan Konsep pada Materi Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Universitas Maritim Raja Ali Haji

Sugihartini, N., and Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277.

TheFuture Self-assessment in Classroom Practice: Reframing Self-Assessment as a Core Competency. Frontline Learning Research, 2(1), 22-30. British Council. Diakses pada Tanggal 15 Mei 2024, dari website British Council: https://www.tes.com/teaching-resource/self- assessment-traffic-light-11819596

Umar, H. (2009). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Wahyuningsih, R., Wahyuni, S., Lesmono, A.D. (2016). Pengembangan Instrumen Self- Assessment Berbasis Web untuk Menilai Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 338-343

Yasdar, M., and Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Downloads

Published

2024-06-30