Literatur Review : Analisis Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi di Sekolah

Authors

  • arminianti_wau Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Kota Padang, 25132 Indonesia
  • Muhyiatul Fadilah

Keywords:

Abad 21, Kemampuan, Literasi Visual, Pembelajaran

Abstract

Materi biologi termasuk materi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena bersifat abstrak  dan banyak memuat unsur visual sehingga peserta perlu memiliki kemampuan literasi visual untuk membantu memahami dan menginterprestasikan makna visual pada materi biologi. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan literatur mengenai analisis kemampuan literasi visual peserta didik pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tinjauan pustaka (literature review). Artikel yang dikaji sebanyak tigabelas yang diperoleh dari google scholar dengan kata kunci kemampuan literasi visual sesuai dengan tujuan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017-2024. Hasil literature review menunjukkan bahwa kemampuan literasi visual peserta didik berbeda-beda di setiap artikel mulai dari kategori rendah, sedang, cukup, maupun tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik SMP dan SMA Tangerang Selatan Pada Konsep Sel. Jakarta: Program Studi Tadris Biologi, UIN Syarif Hidayatullah.

Afriani, R., & Marzuki. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Visual Mahasiswa Prodi pendidikan Biologi di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2, 89–92.

Anggraini, D. (2019). Bernalar Kritis dalam Bersastra: Literasi Visual. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1 (1), 67–76.

Avgerinou. (2009). Re-Viewing Visual Literacy in the “Bain d’ Images” Era. TechTrends, 53(2), 28–34.

Bustami, Y., Wahyuni, F. R. E., & Ege, B. (2023). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran JiRQA pada Pembelajaran Biologi. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(2), 82-88.

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95-110.

El Himmah, F. (2004). Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik Kelas 12 Pada Konsep Sistem Peredaran Darah (Survei Pada MA di Kota Tangerang Selatan) (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fibriana, F., Pamelasari, S. D., & Aulia, L. S. (2017). Measuring Visual Literacy Skills on Students’ Concept Understanding of Genetic Transfer Material. Journal of Physics: Conference Series, 824, 012022.

Hidayah, D. (2024). Profil Kemampuan Literasi Visual Peserta didik SMA di Pemalang pada Konsep Sistem Ekskresi (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Indriyani, Z. F. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik Pada Konsep Sistem Saraf Di SMAN Kabupaten Bogor (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Afidah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Visual Peserta Didik SMP dan SMA Tangerang Selatan Pada Konsep Sel. Jakarta: Program Studi Tadris Biologi, UIN Syarif Hidayatullah.

Afriani, R., & Marzuki. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Visual Mahasiswa Prodi pendidikan Biologi di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2, 89–92.

Anggraini, D. (2019). Bernalar Kritis dalam Bersastra: Literasi Visual. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1 (1), 67–76.

Avgerinou. (2009). Re-Viewing Visual Literacy in the “Bain d’ Images” Era. TechTrends, 53(2), 28–34.

Azka, A. A., Palmiza, A., & Saputra, A. (2023). Survei Penerapan Literasi Visual Sepakbola Terhadap Siswa SMP Negeri 20 Merangin. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 12(2), 87-97.

Damayana, H., Setyarini, M., & Rosilawati, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Visual Pada Materi Asam Basa. FKIP Universitas Lampung, 1–11.

Danuri, P. P., & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Fajri, C., Amelya, A., & Suworo, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indonesia Applicad. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 369–373.

Ferguson, B. (2001). Information Literacy. A Primer for Teachers, Librarians, and Other Informed People (www. bibliotech. us/pdfs/InfoLit.pdf., Diakses pada 8 Januari 2024.

Fibriana, F., Pamelasari, S. D., & Aulia, L. S. (2017). Measuring Visual Literacy Skills on Students’ Concept Understanding of Genetic Transfer Material. Journal of Physics: Conference Series, 824, 012022.

Kędra, J., & Žakevičiūtė, R. (2019). Visual literacy practices in higher education: What, why and how? Journal of Visual Literacy, 38(1–2), 1–7.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. FKIP Prodi PGSD, Universitas Almuslimin, 2(2), 1–11.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.

Mulyani, A. (2014). Representasi Visual Buku Biologi SMA Pada Materi Kingdom Plantae. Scientiae Educatia, 3(1), 35–47.

Nurannisaa, S. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 48–59.

Prasetyo, M. M. (2023). Evaluasi PCK (Pedagogical Content Knowledge) Dalam Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Biologi Sebagai Calon Tenaga Pendidik. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 8(2), 89-95.

Rahayu, S., & Saputra, A. (2022). Pengaruh media literasi visual dalam menulis teks pada siswa kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kecamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa. Jurnal Borneo Humaniora, 5(1), 40-44.

Restami, M. P., Antarajaya, I. N. S., & Sugiani, K. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 110–120.

Sidhartani, S. (2016). Literasi Visual Sebagai Dasar Pemaknaan Dalam Apresiasi dan Proses Kreasi Visual. Jurnal Desain, 3(3), 155–163.

Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35.

Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan1Mandala, 7(2).

Widiatmojo, R. (2020). Literasi Visual Sebagai Penangkal Foto Hoax Covid-19. Sospol UMM, 6(1), 114-127.

Wiedarti, Laksono, K., & Widiasana, Y. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Penddidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) (Edisi Ke 2). Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wijayati, P. A., Suryadi, A., & Parasetyo, N. D. (2019). Pemanfaatan Program Colour Note untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebagai Upaya Mendukung Budaya Literasi Bagi Guru Sejarah SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 163–166.

Wulandari, P. T., Zakaria, Z., & Sulistiono, M. (2023). Implementasi Literasi Visual Pada Pembelajaran Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Pjok) Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 284-294

Downloads

Published

2024-06-30