Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan

Authors

  • Lely Pratiwi Lely Universitas Samudra
  • Marjanah Universitas Samudra
  • Tri Mustika Sarjani Universitas Samudra

Keywords:

Hasil belajar, Morfologi Tumbuhan, Pendekatan Pembelajaran, dan Student Centered Learning.

Abstract

Pendidikan saat ini menuntut peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Sehingga, digunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) sebagai salah satu pendekatan yang dapat memenuhi capaian tersebut, disebabkan pendekatan Student Centered Learning (SCL) memusatkan peserta didik sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar pada pendekatan Student Centered Learning (SCL). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan menggunakan dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 mahasiswa kelas eksperimen dan 15 mahasiswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda berjumlah 20 soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 79,21 dan kelas kontrol 60,23 maka selisihnyasebesar 18,98. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar dengan uji t (α = 0,05) diperoleh Thitung (6,316) > Ttabel (2,042). Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa penerapan pendekatan Student Centered Learning (SCL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini terjadi, karena pendekatan Student Centered Learning (SCL) mendorong  pembelajaran secara aktif yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik untuk lebih kreatif dan mandiri dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiko, R. G. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learing Dengan Media Daring Pada Mata Kuliah Auditing (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Potensi Utama). Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 4(1), 17. https://doi.org/10.22303/accumulated.4.1.2022.17-27.

Bustami, Y., Wahyuni, F. R. E., & Ege, B. (2023). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir kritis Melalui Model Pembelajaran JiRQA Pada Pembelajaran Biologi. BIOSFER, J.Bio & Pend. Bio, 8(2).

Hermanto, R., & Harimurti, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya. It-Edu, 2(01), 23-27.

Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1-11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1.

Lestari, S. K. (2016) Identifikasi Tanaman Sub Divisi Angiospermae Sebagai Tanaman Obat Di Hutan Evergreen Taman Nasional Baluran Serta Pemanfaatannya Sebagai Booklet.Universitas Jember, 9-10.

Liunokas, A. B., & Billik, A. H. S. (2021). Pengembangan Buku Ajar Karakteristik Morfologi Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Jenis Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5885-5891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1596

Mayoru, S., Jufri, W. A., & Usman, N. (2022). Karakteristik Morfologi Tumbuhan Daun Majemuk. JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(2), 107-114.

Muqarramah. (2016). Pendekatan Student Centered Learning; Design Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Madrasah Ibtidaiyah. Juli-Desember, 5(2),23-43.

Nugra Heni, A., Sarmidin, & Zulhaini. (2019). Alvi Nugra Heni,. JOM FTK Universitas Islam Kuantan Singingi, 1(1), 143-155. https://ejournal.uniks.ac.id./index.php/JOM/article/view/605/338

Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2016). Implementasi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tingkat Tinggi Implementation of Outdoor Learning to Improve Students Coginitive Learning Outcomes on High Plant Systematics Course. 9.

Nurhidayah, Khaidarsyah, & Prasetyo, M. M., (2023). Evaluasi PCK (Pedagogical Content Knowledge) dalam Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Biologi Sebagai Calon Pendidik. BIOSFER, J.Bio & Pend.Bio, 8(2).

Nursela, A., Setadi, A. E., & Qurbaniyah, M. (2023). Potensi Tumbuhan Berkhasiat Obat Di Desa Pekawai Kabupaten Melawi sebagai Sumber Belajar Biologi. BIOSFER, J.Bio & Pend. Bio, 8(2).

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912.

Sucipto, Widyaningsih, E. Bahri, S. (2023). Perbedaan Model Teacher Centered Learning Dengan Student Centered Learning Terhadap Keterampilan Bermain Bulu Tangkis. JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan, 8(1), 17-32.

Sugiyono. (Ed). (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tantri, D. A. B. (2021). Pendekatan Studenta Centered Learning Dalam Menanamkan Kedisiplinan Dan Kemandirian Anak Di SDN 3 Merak Batin Kec. Natar Kab. Lampung Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Turdjai. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. TRIADIK, 15(2), 17-29.

Downloads

Published

2024-06-30