Menyusun Soal Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Biologi Topik Plantae dan Animalia
DOI:
https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1484Keywords:
animalia, literasi saintifik, pembelajaran biologi, plantae, soalAbstract
Tujuan dari survei lintas bagian ini ialah untuk menemukan keabsahan dan keadanalan tes literasi saintifik untuk pembelajaran biologi di topik plantae dan animalia. Untuk mengungkap keabsahan, diuji berdasarkan penilaian ahli dan keandalan diukur menggunakan konsistensi inernal. Diperoleh bahwa keabsahan dari topik plantae ialah 5 soal sangat layak dan 1 soal cukup layak dengan nilai keandalan sebesar 0,779 serta keabsahan dari topik animalia ialah 4 soal sangat layak dan 2 soal cukup layak dengan nilai keandalan sebesar 0,869. Ini menunjukkan bahwa semua soal dapat digunakan untuk menganalisis kesulitan siswa sebagai bahan merancang rencana pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik di topik plantae dan animalia.Downloads
References
Cronbach, Lee J. (1951). Coefficient alpha and the internal structure of tests. Psychometrika, 16: 297–334.
Fraenkel, Jack R. & Wallen, Norman E. (2009). How to design and evaluate research in education (7th ed.). New York. McGraw-Hill Companies.
OECD. (2013). Pisa 2015 draft science framework march 2013. Paris: OECD.
Rustaman, Nuryani Y. (2017). Mewujudkan sistem pembelajaran sains/biologi berorientasi pengembangan literasi peserta didik. Dalam Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner”: KS.
Setiawan, Adib Rifqi. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk melatihkan literasi saintifik dalam domain kompetensi pada topik gerak lurus di sekolah menengah pertama. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Utari, Setiya, dkk. (2017). Recostructing the physics teaching didactic based on marzano’s learning dimension on training the scientific literacies. Journal of Physics: Conference Series, 812(1): 012102.